Begini Cara Unreg Telkomsel Simpati, Kartu AS, dan Loop

Kompas.com - 12/03/2021, 08:20 WIB
Seorang pelanggan Telkomsel sedang melakukan registrasi kartu prabayar Telkomsel. Tenggat waktu registrasi kartu prabayar paling lambat pada 28 Februari 2018. TelkomselSeorang pelanggan Telkomsel sedang melakukan registrasi kartu prabayar Telkomsel. Tenggat waktu registrasi kartu prabayar paling lambat pada 28 Februari 2018.

KOMPAS.com - Sejak 2018 lalu, pelanggan operator seluler khususnya kartu prabayar di Indonesia, wajib melakukan registrasi kartu SIM prabayar menggunakan data NIK dan nomor KK.

Kebijakan itu berlaku untuk semua operator, termasuk Telkomsel yang memiliki produk Simpati, Kartu As, dan Loop.

Data tersebut hanya bisa digunakan untuk mendaftar maksimal tiga nomor SIM prabayar. Apabila ingin menambah karu SIM prabayar baru, pengguna harus membatalkan (unreg) salah satu nomor yang sudah diregistrasi.

Khusus bagi pelanggan Tekomsel, baik pengguna Simpati, Kartu AS, dan Loop, ada beberapa cara untuk unreg nomor prabayar yang terlanjur diregistrasi. Berikut ini adalah cara-caranya.

Baca juga: 3 Cara Cek Nomor Telkomsel di Ponsel

Lewat USSD

Pengguna Simpati, Kartu AS, dan Loop Telkomsel bisa membatalkan atau unreg SIM Kartu prabayar dengan menghubungi nomor USSD *444#. Kemudian, pilih opsi ketiga atau "UnReg".

Lanjutkan dengan memasukan 16 digit nomor NIK yang digunakan saat melakukan registrsi, kemudian kirim data tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lewat SMS

Selain nomor USSD, pengguna juga bisa melakukan unreg lewat SMS. Caranya, ketik UNREG#NomorNIK.

Sebagai conton: UNREG#4420212345678910. Kemudian, kirim ke nomor 444. SMS dikirim lewat nomor Telkomsel yang ingin dibatalkan pendaftarannya.

Baca juga: Mitra Gojek Kini Bisa Jualan Pulsa dan Paket Data Telkomsel

Selain dua cara di atas, pengguna bisa mengecek status pendaftaran atau memmbatalkan registrasi langsung ke GraPARI Telkomsel.

Setelah membatalan regitstrasi jangan lupa untuk segera meregistrasi kartu baru dengan memasukan nomor NIK dan KK. Apabila tidak segera didaftarkan, nomor akan diblokir dan tidak bisa mendaftarkan SIM prabayar secara mandiri.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.