Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaringan XL Hilang Sinyal 20 Menit di Jalur MRT Jakarta

Kompas.com - 12/03/2021, 09:38 WIB
Conney Stephanie,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejumlah pelanggan operator seluler XL Axiata belakangan mengeluhkan kehilangan sinyal seluler ketika mereka melewati jalur bawah tanah saat menggunakan moda transportasi MRT Jakarta.

Keluhan tersebut diutarakan pengguna lewat media sosial Twitter. Umumnya mengatakan bahwa kondisi hilang sinyal itu berada di rute bawah tanah MRT Jakarta.

Pihak pengelolaMRT Jakarta sendiri mengonfirmasi bahwa sinyal XL Axiata memang sudah tidak tersedia di jalur bawah tanah tersebut.

Baca juga: Sinyal XL Axiata Hilang di Jalur Bawah Tanah MRT Jakarta, Ini Penyebabnya

Plt. Corporate Secretary Division Head PT MRT Ahmad Pratomo mengatakan bahwa XL Axiata menarik diri dari kerja sama dengan MRT Jakarta.

"(Kerja sama) bukan berakhir dari sisi waktu. Namun, XL pada prinsipnya menarik diri dari kerja sama," kata Ahmad saat dihubungi KompasTekno, Rabu (10/3/2021).

Jika dihitung, jarak dari stasiun MRT Dukuh Atas BNI menuju stasiun MRT Senayan sekitar 3,64 km dengan waktu tempuh sekitar 5 menit.

Sementara, perjalanan dari stasiun MRT Bendungan Hilir hingga stasiun MRT Senayan memakan waktu sekitar 3 menit dengan jarak tempuh 2,16 km. Adapun jarak dari stasiun MRT Bundaran HI sampai stasiun MRT Senayan adalah 8,16 km.

Dari semua keluhan itu bisa disimpulkan bahwa sinyal seluler XL Axiata hilang di sepanjang jalur bawah tanah MRT Jakarta, yang membentang sekitar ±12 km.

Total waktu tempuh di jalur bawah tanag ini bervariasi, tergantung jadwal perjalanan kereta, antara 10 hingga 20-an menit, tergantung waktu kedatangan dan lama berhenti. Dengan kata lain, selama itulah pengguna XL bisa berpotensi kehilangan sinyal.

Baca juga: Sinyal 4G Tri Hadir di Sepanjang Jalur MRT Jakarta

Sebagai alternatif, pengguna XL diimbau untuk menggunakan jaringan WiFi yang telah tersedia di area MRT Jakarta, atau menggunakan layanan operator seluler lainnya.

MRT saat ini baru melayani rute Lebak Bulus sampai Bundaran Hotel Indonesia (HI) dan sebaliknya. Jarak dari stasiun MRT Lebak Bulus Grab menuju Stasiun MRT Bundaran HI adalah 15,7 km dengan waktu tempuh sekitar 20 menit.

Ada 13 stasiun di sepanjang rute tersebut, yakni tujuh stasiun layang dan enam stasiun bawah tanah. Tujuh stasiun layang mencakup Stasiun Lebak Bulus Grab, Fatmawati, Cipete Raya, Haji Nawi, Blok A, Blok M, dan ASEAN.

Sementara enam stasiun bawah tanah terdiri dari Stasiun Senayan, Istora Mandiri, Bendungan Hilir, Setiabudi Astra, Dukuh Atas BNI, dan Bundaran HI.

MRT Jakarta beroperasi mulai pukul 05.00 WIB hingga pukul 24.00 WIB. Waktu tunggu kedatangan kereta di setiap stasiun pada jam sibuk, yaitu 5 menit. Sedangkan waktu tunggu kedatangan kereta di luar jam sibuk adalah 10 menit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com