Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Zuckerberg Ramal Kacamata Pintar Bakal Jadi Tren di Masa Depan

Kompas.com - 12/03/2021, 10:31 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber CNBC

KOMPAS.com - CEO Facebook Mark Zuckerberg rupanya optimis dengan prospek gadget berjenis kacamata pintar atau smart glasses. Meski belum banyak dipakai oleh konsumen umum saat ini, dia berpendapat bahwa perangkat itu bakal jadi tren di masa depan.

Zuckerberg pun meramal bahwa kacamata pintar bakal menjadi perangkat yang diandalkan banyak orang untuk berkomunikasi secara virtual pada 2030 mendatang.

Dengan teknologi Virtual Reality dan Augmented Reality di smart glasses, penggunanya pun bisa mengunjungi suatu tempat secara instan -misalnya rumah kerabat atau kantor- tanpa harus benar-benar pergi ke sana, kemudian bercakap-cakap dengan orang lain di lokasi itu.

Baca juga: Siap-siap, Penonton Video di Facebook Bakal Sering Lihat Iklan

"Nantinya, Anda tidak perlu menelepon seseorang atau melakukan video call untuk berkomunikasi, Anda cukup menggunakan jari untuk memulai 'teleportasi'. Setelah itu, Anda akan berada seolah sedang duduk bersama mereka layaknya di dunia nyata," kata Zuckerberg.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari CNBC, Jumat (12/3/2021), Zuckerberg mengatakan bahwa keuntungan lainnya dari komunikasi lewat kacamata pintar adalah mengurangi waktu perjalanan yang akan ditempuh seseorang untuk pergi ke suatu tempat.

Ilustrasi Virtual Reality (VR) Ilustrasi Virtual Reality (VR)

Dengan begitu, keinginan seseorang untuk bepergian pun akan berkurang. Waktu yang mereka gunakan untuk berkomunikasi juga menjadi lebih efisien. Ujung-ujungnya, emisi kendaraan berkurang sehingga mengurangi polusi.

"Kita tidak terlalu memikirkan proses perjalanan karena hal itu menjadi salah satu hambatan bagi kita. Saya pikir itu juga menjadi solusi terbaik bagi banyak orang dan bumi ini tentunya," jelas Zuckerberg.

Baca juga: Google Glass Lahir Kembali, Dijual Rp 24 Juta

Perangkat kaca mata pintar sebelumnya pernah dipopulerkan oleh Google Glass yang diumumkan pada 2012, tapi kemudian urung dirilis untuk konsumen umum. Microsoft juga memiliki lini smart glasses HoloLens yang mengandalkan Mixed Reality, gabungan VR dan AR.

Beberapa perusaahaan teknologi kini kabarnya sedang mengembangkan smart glasses masing-masing, termasuk Facebook. Skenario penggunaan kaca mata pintar di masa depan itu bisa jadi mewakili visi Facebook untuk produknya sendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNBC


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com