Meme Ikonik "Bad Luck Brian" Dilelang, Laku Rp 520 Juta

Kompas.com - 12/03/2021, 11:37 WIB
Ilustrasi meme Bad Luck Brian. FoundationIlustrasi meme Bad Luck Brian.

KOMPAS.com - Masih ingat foto orang di atas? Foto tersebut adalah foto seorang siswa bernama Kyle Craven, yang diabadikan dalam album buku tahunan sekolah. Foto tersebut dijadikan sebuah lelucon di internet (meme) sejak 2012 lalu.

Hingga kini, meme tersebut masih populer dan biasanya dipakai untuk merepresentasikan sebuah kesialan yang kocak dan tak terduga. Sehingga, tak aneh apabila meme ini kemudian dijuluki dengan "Bad Luck Brian".

Kini, gambar versi orisinal (1/1) dari meme ikonik tersebut dijual oleh kreatornya, yaitu Kyle dan kerabatnya, Ian Davies dengan harga 20 koin Ethereum atau kira-kira setara dengan Rp 520 juta (1 Ethereum = Rp 26 juta).

Baca juga: Kucing Putih dalam Meme Longcat Mati pada Usia 18 Tahun

Transaksi ini sendiri mengandalkan sistem lelang di platform Foundation, sebuah online marketplace yang kerap memperjualbelikan aneka seni digital dan berbagai karya kreatif virtual lainnya, termasuk meme.

Adapun meme Bad Luck Brian ini dilelang pada 9 Maret dan berhasil dibeli oleh akun @a, alias Harry, sehari setelahnya (10 Maret). Harry sendiri otomatis bakal memiliki sertifikat kepemilikan digital atau biasa disebut non-fungible token (NFT).

Apa itu NFT?

Sebagai informasi, NFT adalah aset kripto yang tercantum dalam blockchain, semacam “buku besar” digital yang mirip dengan jaringan yang mendukung Ethereum, Bitcoin, dan mata uang kripto lainnya.

Suatu NFT yang dilelang bakal memiliki nomor kode dan metadata unik yang tentunya berbeda dari aset lainnya. Sehingga, seseorang yang memiliki sebuah NFT otomatis bakal memiliki sesuatu hal yang berharga di dunia digital, dalam hal ini meme tadi.

Baca juga: Kisah Pilu di Balik Meme Lucu Wanita dan Kucing

Bedanya, apabila aset fisik bisa diperjualbelikan, seseorang sejatinya tidak dapat menukar satu NFT dengan aset kripto lainnya, begitu juga menukarkannya dengan uang.

Nah, aset NFT sendiri belakangan tengah booming karena dinilai merupakan sebuah alternatif yang bisa ditempuh oleh warganet untuk menjual karya mereka secara digital.

Beberapa waktu lalu, twit pertama dari pendiri Twitter, Jack Dorsey bahkan dilelang di platform NFT lainnya yang bernama Valuables.

Twit yang berbunyi "just setting up my twtter" tersebut kini masih dilelang dan penawaran terakhir berasal dari akun @sinaEstavi yang berani membeli twit tersebut dengan duit 2,5 juta dolar AS atau sekitar Rp 35 miliar.

Baca juga: Asal Muasal 10 Istilah Populer di Internet, dari Meme hingga Troll

Istri Elon Musk sekaligus musisi Grimes juga diketahui telah menjual karyanya melalui NFT seharga 5,8 juta dollar AS (sekitar Rp 82,9 miliar).

Selain itu, Chris Torres juga menjual versi unik dari meme viralnya, yaitu "Nyan Cat", seharga 300 Ethereum (Rp 6,6 miliar) melalui NFT, dirangkum KompasTekno dari BusinessInsider, Jumat (12/3/2021).



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X