Putus Hubungan, XL dan MRT Diimbau "Balikan" demi Sinyal Pelanggan

Kompas.com - 12/03/2021, 12:15 WIB
Logo XL Axiata. XL AxiataLogo XL Axiata.

KOMPAS.com - Pelanggan XL Axiata beberapa waktu belakangan ini mengeluhkan hilang sinyal saat menggunakan moda transportasi MRT Jakarta, khususnya ketika melewati jalur bawah tanah.

Penyebabnya adalah putusnya kerja sama antara operator XL Axiata dan penyedia infrastruktur jaringan di jalur MRT, yakni PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG).

"(Kerja sama) bukan berakhir dari sisi waktu. Namun, XL pada prinsipnya menarik diri dari kerja sama," kata Ahmad Pratomo Plt Corporate Secretary Division Head PT MRT, Rabu (10/3/2021).

Menanggapi hal ini, Wakil Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (Waketum ATSI) Merza Fachys mengatakan, putusnya kerja sama kemungkinan bukan hanya karena kehendak operator XL Axiata semata.

Baca juga: Sinyal XL Axiata Hilang di Jalur Bawah Tanah MRT Jakarta, Ini Penyebabnya

"Tapi, pasti ada hal-hal yang tidak tercapai kata sepakat dalam kerja samanya dengan pihak MRT," kata Merza melalui pesan singkat saat dihubungi KompasTekno, Kamis (11/3/2021).

Oleh karena itu, Merza menyarankan agar kedua pihak dapat mencari titik temu yang bijaksana dengan mengedepankan layanan untuk masyarakat. "Bukan berdasar pada bisnis semata," lanjutnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Waketum ATSI ini, layanan kepada masyarakat yang sedang berada di dalam moda transportasi MRT sebenarnya bukan tugas utama operator. "Tapi, justru merupakan misi utama yang harus diemban oleh pengelola MRT," kata Merza.

Selain itu, menurut Merza, hadirnya layanan telekomunikasi di jalur MRT ini merupakan bagian dari hak masyarakat pengguna MRT untuk mendapatkan layanan terbaik dari pengelola MRT.

Oleh karena itu, dia berharap operator XL Axiata dengan penyedia infrastruktur jaringan di jalur MRT dapat menyeimbangkan aspek nilai dan manfaat agar dicapai titik temu di antara kedua belah pihak. "Demi layanan masyarakat," pungkas Merza.

XL sempat minta turunkan harga sewa

Setiap operator seluler yang ingin menggelar layanannya di jalur MRT Jakarta harus bekerja sama dengan TBIG selaku penyedia infrastruktur jaringan di jalur MRT.

Baca juga: Pelanggan XL Bisa Kehilangan Sinyal hingga 20 Menit di Jalur MRT Jakarta

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.