Kompas.com - 12/03/2021, 19:07 WIB
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Kelangkaan kartu grafis (GPU) komputer belakangan semakin menjadi-jadi karena segelintir produk yang beredar di pasaran diborong oleh penambang mata uang kripto seperti Bitcoin dan Ethereum.

Sebagai upaya mengatasi situasi ini, Nvidia beberapa waktu lalu meluncurkan produk khusus untuk mining, Cryptocurrency Mining Processor (CMP), dengan harapan para penambang tak lagi mengincar GPU GeForce.

AMD selaku kompetitor Nvidia di ranah GPU agaknya bakal melakukan langkah serupa. Hal ini diketahui dari sebuah dokumen driver patch list (pembaruan) untuk berbagai kartu GPU AMD di sistem operasi (OS) Linux yang dikuak oleh situs hardware komputer, Phoronix.

Baca juga: Stok Prosesor AMD Menipis, Kabar Buruk untuk PS5 dan PC

Berdasarkan dokumen tersebut, pembaruan kartu grafis AMD itu kini mendukung "new NV12 SKU", sebuah seri GPU AMD yang mengusung chip Navi 12.GPU Navi 12 ini, lanjut Phoronix, tidak bisa terhubung ke monitor karena tak memiliki display output.

Sebabnya, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Phoronix, Jumat (12/3/2021), kemungkinan karena GPU yang bersangkutan memang ditujukan hanya untuk menambang cryptocurrency.

Navi 12 sendirisejauh ini diketahui digunakan di GPU Radeon Pro 5600M yang tersedia secara eksklusif di komputer buatan Apple, serta Radeon Pro V520 untuk profesional.

Tahun lalu juga sempat beredar rumor bahwa AMD menyiapkan GPU berbasis Navi 10 untuk produk khusus mining. Jika benar, maka AMD kemungkinan berniat menggunakan stok GPU lama berarsitektur RDNA generasi pertama (Navi 12 dan 10) untuk penambang kripto.

Baca juga: Nvidia Menyerah, Luncurkan Lini GPU Khusus untuk Penambang Kripto

Dalam hal kemampuan mining, chip RDNA 1 tak jauh berbeda dibandingkan chip terbaru AMD dengan arsitektur RDNA 2, yakni Radeon seri RX 6000. Masih belum jelas kapan AMD akan mengumumkan seri GPU khusus miner tersebut, kalaupun benar-benar ada.

Sementara itu, Nvidia sudah meluncurkan tiga model GPU CMP untuk miner, CMP 30HX, 40HX, 50HX, dan 90HX dengan hashrate 26 MH/s hingga 86 MH/s.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Phoronix


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.