Adobe Photoshop Kini Bisa Dipakai di Apple Mac M1

Kompas.com - 14/03/2021, 08:02 WIB
Adobe Photoshop bisa berjalan di komputer Mac terbaru GSM ArenaAdobe Photoshop bisa berjalan di komputer Mac terbaru
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Karena dibuat untuk arsitektur prosesor Intel (x86), software pengolah gambar Adobe Photoshop selama ini berjalan dengan emulator Rosetta 2 di komputer Mac dan MacBook terbaru yang menggunakan prosesor M1 berbasis ARM.

Belakangan, Adobe mengumumkan bahwa Photoshop versi terbaru sudah bisa berjalan secara native di komputer Mac M1 tanpa butuh bantuan emulator.

Baca juga: Mengenal Apple M1, Chip ARM Pengganti Intel di MacBook Terbaru

Kinerjanya pun diklaim ikut mengalami peningkatan sebesar 1,5 lebih tinggi dibandingkan "sistem dari generasi sebelumnya dengan konfigurasi serupa" dalam melakukan hal-hal seperti membuka dan menyimpan file, menerapkan filter, dan Select Subject.

"Benchmark awal kami juga menunjukkan bahwa beberapa operasi dapat dijalankan lebih cepat dengan chip baru ini (M1)," ujar Vice President Photoshop Adobe, Pam Clark, di sebuah blog berisi pengumuman.

Tak dijelaskan sistem mana yang dijadikan pembanding kinerja, tapi Adobe kemungkinan mengacu pada Mac keluaran 2019 yang masih menggunakan prosesor Intel, seperti dihimpun KompasTekno dari MacRumors, Minggu (14/3/2021).

Meski demikian, untuk saat ini masih ada beberapa fitur yang belum bisa dijalankan di Adobe Photoshop versi native M1, seperti Preset Sync dan filter Shake Reduction. Daftar selengkapnya bisa dilihat di tautan berikut.

Baca juga: Apple Luncurkan MacBook Air, Pro, dan Mac Mini dengan Chip ARM

Apple memperkenalkan lini komputer Mac berbasis chip M1 buatannya sendiri pada November 2020. Tiga model pertama yang dibekali prosesor berbasis arsitektur ini adalah MacBook Air M1, MacBook Pro M1, dan Mac Mini.

Karena menggunakan arsitektur berbeda dari prosesor Intel yang sebelumnya digunakan di komputer Mac sejak 2006, aplikasi-aplikasi pun harus berjalan di komputer M1 dengan bantuan emulator Rosetta 2 sebelum nanti sepenuhnya beralih dan berjalan secara native.



Sumber MacRumors
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X