Unik, Belanja Orang Kaya Baru Silicon Valley di Kala Pandemi

Kompas.com - 14/03/2021, 10:10 WIB
Ilustrasi Silicon Valley HBOIlustrasi Silicon Valley

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 yang melanda dunia selama satu tahun belakangan ini memang banyak memengaruhi sendi-sendi kehidupan masyarakat. Banyak bisnis yang harus merugi dan gulung tikar serta banyak karyawan harus kehilangan pekerjaan.

Namun pandemi ini agaknya justru membuat bisnis di sektor teknologi malah tumbuh dan terdongkrak. Hal ini mengingat orang-orang mulai mengalihkan kegiatan mereka secara daring, mulai dari belanja, belajar, bekerja, mencari hiburan, dan sebagainya.

Di saat banyak pelaku bisnis gulung tikar, sejumlah perusahaan teknologi justru melebarkan bisnisnya. New York Times melaporkan selama enam bulan terakhir setidaknya ada 35 startup di Silicon Valley justru melantai di bursa saham.

Nilai pasar gabungan dari 35 startup tersebut dilaporkan mencapai 446 miliar dollar AS (sekitar Rp 6.437 triliun).

Menurut analisis EquityBee, sebuah platform yang memfasilitasi transaksi ekuitas awal, estimasi pasar gabungan itu akan melahirkan 7.000 jutawan baru.

Yang menarik, ternyata pandemi juga ikut mengubah tren bagaimana orang kaya baru menghabiskan uang mereka.

Belanja lebih moderat

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika sebelum pandemi, orang kaya baru biasanya merayakan dengan cara menggelar pesta besar-besar atau pergi keliling dunia, namun kali ini tren itu berubah.

Dalam survei yang dilakukan oleh aplikasi diskusi karyawan Blind terhadap karyawan di tujuh perusahaan yang baru go public itu, kira-kira seperempat dari mereka mengaku akan menghemat uang mereka karena pandemi.

Namun, banyak juga dari karyawan yang mengatakan akan membeli rumah. Selain itu, ada pula karyawan yang ingin belanja lebih royal, misalnya mereka mengincar untuk membeli Ferrari, Tesla, jam tangan, studio tembikar, dan bermain di pasar saham.

Baca juga: Begini Cara Ganti Background di Aplikasi Zoom saat Video Conference

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.