Cara Menghapus Akun WhatsApp dan Instagram Tanpa Kehilangan Data

Kompas.com - 14/03/2021, 16:19 WIB
Ilustrasi aplikasi Facebook, WhatsApp, Instagram, Messenger ARUN SANKAR / AFPIlustrasi aplikasi Facebook, WhatsApp, Instagram, Messenger

KOMPAS.com - Aplikasi di bawah naungan Facebook, seperti Messenger, WhatsApp, dan Instagram cukup populer di Indonesia. Namun, aplikasi-aplikasi tersebut berbagi data dengan Facebook, sebagai induk perusahaan.

Alasannya beragam, mulai dari meningkatkan pengalaman pengguna hingga iklan. Sudahh bukan rahasia lagi jika iklan menjadi bisnis utama jejaring sosial Facebook.

Kebijakan berbagi data ini membuat beberapa pengguna ketar-ketir menggunakan aplikasi di bawah naungan Facebook, seperti WhatsApp dan Instagram. Terlebih kasus data pribadi Facebook kerap menjadi sorotan.

Baca juga: Stiker Animasi WhatsApp Bisa Dibuat Sendiri di Aplikasi Lain, Begini Caranya

Sebagian pengguna pun mempertimbangkan untuk menghapus akun WhatsApp dan Instagram secara permanen. Tapi bisakah hal ini dilakukan tanpa ikut menghilangkan data atau riwayat percakapan?

Ternyata bisa, selengkapnya ikuti langkah-langkah yang dihimpun KompasTekno dari Gadgets Now, Minggu (14/3/2021) sebagai berikut.

Cara menghapus akun WhatsApp

Sebelum menghapus akun, terlebih dulu amankan data dan riwayat percakapan Anda agar tak ikut lenyap. WhatsApp tidak bisa mengekspor semua percakapan berikut aneka file konten (foto, video, dokumen) yang pernah diterima.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun tak perlu khawatir, sebab semua file konten alias media sudah tersimpan di memori internal ponsel, tepatnya di folder Whatsapp > Media. Di sini terdapat sejumlah folder yang dinamai sesuai jenis konten di dalamnya, mulai dari foto, video, voice note, hingga stiker.

Untuk mengamankan semua konten tersebut, cukup kopi folder Media tadi ke media peyimpanan lain seperti flashdisk. Pengguna juga dapat menyalin jenis file tertentu saja, misalnya foto, dengan mengkopi folder yang bersangkutan.

Baca juga: Rencana WhatsApp Amankan Data Percakapan yang Disimpan di Google Drive

Data riwayat percakapan bisa dicadangkan dengan membuka  menu "Settings (pengaturan)", pilih "Chat (percakapan)", lalu pilih "Chat history (riwayat percakapan)", kemudian "Export chat (ekspor percakapan)". Pilih chat dengan kontak mana saja yang ingin diekspor.

Pengguna bisa memilih, apakah yang ingin diekspor hanya perakapan teks saja atau mencakup media. Lalu pilih medium untuk mengekspor chat, apakah lewat e-mail atau platform lain.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.