Google Dituding Diam-diam Lacak Pengguna lewat Mode "Incognito" Chrome

Kompas.com - 16/03/2021, 06:29 WIB
Tampilan awal jendela 'Incognito' alias mode penyamaran di Google Chrome. KOMPAS.com/ Galuh Putri RiyantoTampilan awal jendela 'Incognito' alias mode penyamaran di Google Chrome.

KOMPAS.com - Pertengahan tahun lalu, tiga orang di California, Amerika Serikat, mengajukan gugatan class action terhadap Google. Mereka menuding peramban Google diam-diam melacak aktivitas pengguna browser Chrome meskipun dalam mode Incognito alias samaran.

Walau Chrome sendiri tidak mengumpulkan data, para penggugat menuduh Google tetap melakukan tracking lewat berbagai tool miliknya yang tertanam di situs-situs internet.

Dalam perkembangan terbaru, setelah berusaha dibatalkan oleh Google, gugatan tersebut diloloskan oleh Hakim Distrik AS Lucy Koh di pengadilan San Jose, California.

Baca juga: Google Dituntut Rp 70 Triliun gara-gara Mode Incognito di Chrome

"Pengadilan memutuskan Google tidak memberitahukan pengguna bahwa Google melakukan pengumpulan data seperti yang dituduhkan saat pengguna berada di mode browsing privat," tulis Koh dalam pernyataan putusannya.

Dengan demikian, Google pun harus menghadapi gugatan hukum yang menuntut ganti rugi sebesar setidaknya 5 miliar dollar AS atau sekitar Rp 72 triliun itu.

Google sendiri membantah tudingan pengumpulan data diam-diam tersebut. Dalam dokumennya ke pengadilan, Google menyebutkan bahwa "Incognito" bukan berarti "tidak terlihat".

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Notifikasi mode Incognito di peramban Google ChromeGoogle Notifikasi mode Incognito di peramban Google Chrome

"Aktivitas pengguna (dalam mode Incognito) masih bisa dilihat oleh website yang mereka kunjungi, dan oleh layanan iklan atau analytics pihak ketiga yang digunakan oleh website tersebut," tulis Google.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Bloomberg, Selasa (16/3/2021), juru bicara Google Jose Castaneda mengatakan perihal pengumpulan data oleh website ini sebenarnya sudah diberitahukan dengen jelas kepada pengguna setiap kali membuka tab mode Incognito.

Chrome memang menampilkan notifikasi di setiap tab Incognito baru yang dibuka. Isinya antara lain memberitahukan bahwa, meskipun tidak disimpan secara lokal, aktivitas pengguna masih bisa dilacak oleh website atau penyedia layanan internet.

Baca juga: Percuma Buka Situs Porno Pakai Mode Incognito

Notifikasi tab Incognito ini ditampilkan di versi Chrome untuk semua platform, termasuk Windows, macOS, Android, iOS, dan Linux.

"Mode Incognito di Chrome memberikan Anda pilihan untuk berselancar di internet tanpa direkam aktivitasnya oleh peramban atau perangkat," ujar Castaneda.



Sumber Bloomberg
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.