Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Twit Elon Musk Berisi Lagu tentang NFT Ditawar Rp 16 Miliar

Kompas.com - 17/03/2021, 10:34 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber CNBC

KOMPAS.com - Popularitas Non-Fungible Token alias NFT yang tengah naik daun membuat banyak figur publik kepincut menjual aset digital milik mereka. CEO Tesla dan SpaceX Elon Musk juga ikut-ikutan menjual aset digitalnya dalam bentuk NFT.

Aset yang dijual Elon Musk adalah sebuah kicauan yang ia tulis di Twitter. Dalam kicauan tersebut ia mengunggah sebuah lagu bergenre techno tentang NFT. Ia pun menulis "saya menjual lagu tentang NFT ini sebagai NFT".

Lirik lagu tersebut berisi tentang tren NFT yang tengah naik daun. Jika diterjemahkan, lirik lagu tersebut kira-kira berbunyi “NFT untuk kesombongan Anda. Komputer tidak pernah tidur. Sudah diverifikasi. Itu dijamin."

Tak lupa, dalam kicauan tersebut Musk juga melampirkan video bernuansa futuristik berdurasi sekitar dua menit 20 detik.

Video pendek tersebut menunjukkan piala berlabel "Vanity Trophy" dengan tulisan "NFT" di atasnya.

Lalu ada juga tulisan "HODL" di bagian bawah. Dalam komunitas cryptocurrency, kata"HODL" berarti lebih baik menahan aset kripto daripada menjualnya.

Baca juga: Tweet Pertama CEO Twitter Jack Dorsey Dijual

Menurut pantauan KompasTekno di situs Valuables, Rabu (17/3/2021) pagi, kicauan Musk tersebut sudah mendapat penawaran tertinggi di angka 1,12 juta dollar AS atau sekitar Rp 16,16 miliar.

Penawaran ini datang dari akun Twitter dengan handle @sinaEstavi yang merupakan CEO dari Bridge Oracle, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari CNBC, Rabu (17/3/2021). Belum diketahui kapan sesi lelang twit Musk ini akan berakhir.

Saat twit tersebut resmi terjual ke penawar tertinggi, twit itu akan tetap ada di akun Twitter CEO Tesla itu. Pembeli nantinya akan akan mendapatkan sebuah token (NFT) yang bersifat layaknya sertifikat digital untuk memverifikasi keaslian dan kepemilikan dari twit tersebut.

Sertifikat digital ini hanya akan diterbitkan satu kali oleh pihak Valuables. Sertifikat digital tersebut akan dibubuhi tanda tangan Musk menggunakan kriptografi, termasuk metadata dari twit aslinya.

"Metadatanya seperti waktu twit itu diunggah, apa isi teks dari twit tersebut, stempel waktu dari twit, dan tanda tangan digital dari dompet crypto penciptanya," tulis Valuables.

Bukan yang pertama

Ini bukanlah pertama kalinya sebuah twit dari figur publik dijual sebagai aset kripto. Sebelumnya, kicauan pertama CEO Twitter Jack Dorsey dijual dan mendapat penawaran tertinggi sementara di angka 267.000 dollar AS (sekitar Rp 3,8 miliar).

Istri Elon Musk yang juga seorang musisi, Grimes, diketahui telah menjual karyanya melalui NFT seharga 5,8 juta dollar AS (sekitar Rp 82,9 miliar).

Selain itu, Chris Torres juga menjual versi unik dari meme viralnya, Nyan Cat, seharga 300 ethereum (Rp 6,6 miliar) melalui NFT.

Meme populer lainnya, yaitu "Bad Luck Brian" juga ikutan dijual dengan harga 20 koin Ethereum atau sekitar Rp 545 juta.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber CNBC


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com