Instagram Batasi Interaksi Pengguna Dewasa dengan Remaja di Bawah Umur

Kompas.com - 17/03/2021, 15:21 WIB
Ilustrasi Instagram SHUTTERSTOCKIlustrasi Instagram
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Sebagai bagian dari upayanya melindungi privasi pengguna kalangan remaja, Instagram mengeluarkan kebijakan baru terkait orang-orang di media sosialnya yang berusia di bawah 18 tahun.

Pengguna, misalnya, tidak bisa mengirim Direct Message (DM) ke pengguna lain yang usianya di bawah batasan tersebut apabila dia tidak mengikuti (follow) akun pengirim pesan. 

Instagram juga memberikan peringatan saat pengguna remaja berinteraksi dengan orang dewasa lewat percakapan via DM, sekaligus membatasi orang dewasa dalam mengikuti akun milik orang berusia remaja.

Baca juga: Instagram Rilis Stiker Vaksin dan Pusat Informasi Covid-19

"Melindungi kalangan anak muda di Instagram merupakan hal penting bagi kami. Hari ini, kami merilis beberapa pembaruan fitur sebagai upaya berkelanjutan kami untuk menjaga keamanan pengguna remaja di platform kami," kata Instagram di situsmya.

Selengkapnya, berikut ini daftar perubahan baru yang berlaku untuk pengguna Instagram dengan kriteria umur di bawah 18 tahun, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari laman resmi Instagram, Rabu (17/3/2021).

1. Fitur Direct Message (DM) dibatasi

Pembaruan fitur Instagram untuk pengguna remajaBlog Instagram Pembaruan fitur Instagram untuk pengguna remaja

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pengguna yang masuk dalam kategori dewasa tidak bisa sembarangan mengirim pesan kepada akun yang berusia di bawah 18 tahun.

Sebelumnya, Instagram memungkinkan siapa saja bisa mengirim dan menerima DM, tanpa harus mem-follow terlebih dahulu. Namun kini, fitur Direct Message khusus pengguna remaja hanya bisa diakses jika kedua kontak sudah saling mengikuti.

"Untuk melindungi remaja dari kontak yang tidak diinginkan terutama dari orang dewasa, kami memperkenalkan fitur baru yang bisa mencegah orang dewasa mengirim pesan kepada pemilik akun yang berusia di bawah 18 tahun," kata Instagram menjelaskan alasannya.

Baca juga: Cara Menghapus Akun WhatsApp dan Instagram Tanpa Kehilangan Data

Ketika akun orang dewasa mencoba mengirim pesan ke pengguna remaja, mereka akan menerima notifikasi berbunyi "You can't message this account unless they follow you".

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.