Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instagram Batasi Interaksi Pengguna Dewasa dengan Remaja di Bawah Umur

Kompas.com - 17/03/2021, 15:21 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebagai bagian dari upayanya melindungi privasi pengguna kalangan remaja, Instagram mengeluarkan kebijakan baru terkait orang-orang di media sosialnya yang berusia di bawah 18 tahun.

Pengguna, misalnya, tidak bisa mengirim Direct Message (DM) ke pengguna lain yang usianya di bawah batasan tersebut apabila dia tidak mengikuti (follow) akun pengirim pesan. 

Instagram juga memberikan peringatan saat pengguna remaja berinteraksi dengan orang dewasa lewat percakapan via DM, sekaligus membatasi orang dewasa dalam mengikuti akun milik orang berusia remaja.

Baca juga: Instagram Rilis Stiker Vaksin dan Pusat Informasi Covid-19

"Melindungi kalangan anak muda di Instagram merupakan hal penting bagi kami. Hari ini, kami merilis beberapa pembaruan fitur sebagai upaya berkelanjutan kami untuk menjaga keamanan pengguna remaja di platform kami," kata Instagram di situsmya.

Selengkapnya, berikut ini daftar perubahan baru yang berlaku untuk pengguna Instagram dengan kriteria umur di bawah 18 tahun, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari laman resmi Instagram, Rabu (17/3/2021).

1. Fitur Direct Message (DM) dibatasi

Pembaruan fitur Instagram untuk pengguna remajaBlog Instagram Pembaruan fitur Instagram untuk pengguna remaja

Pengguna yang masuk dalam kategori dewasa tidak bisa sembarangan mengirim pesan kepada akun yang berusia di bawah 18 tahun.

Sebelumnya, Instagram memungkinkan siapa saja bisa mengirim dan menerima DM, tanpa harus mem-follow terlebih dahulu. Namun kini, fitur Direct Message khusus pengguna remaja hanya bisa diakses jika kedua kontak sudah saling mengikuti.

"Untuk melindungi remaja dari kontak yang tidak diinginkan terutama dari orang dewasa, kami memperkenalkan fitur baru yang bisa mencegah orang dewasa mengirim pesan kepada pemilik akun yang berusia di bawah 18 tahun," kata Instagram menjelaskan alasannya.

Baca juga: Cara Menghapus Akun WhatsApp dan Instagram Tanpa Kehilangan Data

Ketika akun orang dewasa mencoba mengirim pesan ke pengguna remaja, mereka akan menerima notifikasi berbunyi "You can't message this account unless they follow you".

2. Memberi peringatan ketika berinteraksi lewat DM

Pembaruan fitur Instagram untuk pengguna remajaBlog Instagram Pembaruan fitur Instagram untuk pengguna remaja

Selain mencegah interaksi antara orang dewasa dan remaja yang tidak mengikuti satu sama lain, Instagram juga akan memberi petunjuk atau pemberitahuan agar pengguna remaja lebih berhati-hati saat melakukan percakapan dengan orang dewasa yang sudah terhubung.

Pemberitahuan itu akan muncul apabila ditemukan adanya hal-hal mencurigakan yang dilakukan oleh orang dewasa ketika melakukan percakapan di DM.

Nantinya, Instagram akan memperingatkan pengguna remaja untuk mengakhiri percakapan, memblokir, atau melaporkannya lewat aplikasi.

3. Membatasi orang dewasa untuk mencari konten dan mengikuti pengguna remaja

Instagram akan mempersulit orang dewasa untuk mencari tahu hal-hal tentang akun yang berusia di bawah umur. Pembatasan ini juga berlaku apabila mereka ingin melihat konten yang diunggah oleh pengguna remaja lewat Reels atau Explore.

Baca juga: Facebook Latih AI Menggunakan Semiliar Foto di Instagram

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com