Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Zoom Escaper, Aplikasi Unik untuk Kabur dari Rapat Zoom

Kompas.com - Diperbarui 16/08/2021, 08:11 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 membuat sebagian besar aktivitas yang melibatkan interaksi tatap muka, dialihkan secara virtual. Seperti rapat kerja hingga kegiatan belajar mengajar kini dilaksanakan secara daring menggunakan aplikasi video conference.

Salah satu aplikasi yang banyak digunakan adalah Zoom. Meski terbilang praktis karena bisa dilakukan dari rumah, terkadang aktivitas rapat online dapat menimbulkan rasa letih dan jenuh. Hal ini biasa disebut sebagai "Zoom Fatigue".

Nah, bagi Anda yang merasa jenuh dan ingin kabur saat rapat menggunakan Zoom, ada aplikasi unik yang bisa dimanfaatkan, yakni Zoom Escaper.

Aplikasi ini dibuat oleh seorang seniman asal New York, Amerika Serikat bernama Sam Lavigne. Cara kerja aplikasi ini cukup sederhana.

Baca juga: 4 Cara Mencegah Zoom Fatigue, Kelelahan Akibat Sering Video Call

Zoom Escaper memungkinkan pengguna untuk menciptakan suara-suara bising palsu selama rapat berjalan. Dengan demikian, suara tersebut bisa dijadikan sebagai alasan untuk keluar dari rapat Zoom yang tengah berjalan.

Di dalam aplikasi ini, ada sebanyak delapan jenis suara gangguan palsu yang bisa dipilih pengguna.

Adapun kedelapan efek audio yang tersedia terdiri dari suara gema, tangisan bayi, suara angin yang kencang, suara konstruksi bangunan, koneksi yang terputus-putus, suara tangisan seseorang, gonggongan anjing, dan suara buang air kecil.

Cara menggunakan Zoom Escaper

Untuk bisa menggunakan efek audio ini, pengguna dapat mengunjungi situs Zoom Escaper melalui tautan berikut.

Selanjutnya, pengguna juga wajib mengunduh aplikasi tambahan bernama VB-Audio yang tersedia di halaman tersebut. Aplikasi ini berfungsi sebagai jembatan untuk mengantarkan efek audio dari situs Zoom Escaper ke dalam Zoom meeting.

Apabila VB-Audio sudah diinstal, pengguna harus mengubah pengaturan output yang ada di halaman Zoom Escaper menjadi "VB Cable (virtual)".

Setelah itu, klik tombol "start" yang ada di halaman Zoom Escaper. Setelah aktif, Anda bisa memilih suara-suara palsu apa yang ingin digunakan.

Lavigne juga menjelaskan cara menggunakan Zoom Escaper dalam sebuah video yang diunggah melalui kanal YouTube miliknya.

Selain Zoom Escaper, Lavigne juga ternyata pernah membuat berbagai aplikasi "gangguan" lain. Pada 2017 lalu, Lavigne telah menciptakan aplikasi bernama "The Good Life".

Baca juga: Filter Zoom Ubah Wajah Pengacara Jadi Kucing Saat Sidang Online

Dihimpun KompasTekno dari The Verge, aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan 225.000 e-mail dari Enron, sebuah perusahaan eneergi yang telah bangkrut pada tahun 2001.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com