Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nvidia Tak Sengaja Hapus Batasan "Hash Rate" di GeForce RTX 3060

Kompas.com - 18/03/2021, 08:09 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Demi mengamankan GeForce RTX 3060 dari incaran para penambang kripto, Nvidia menyunat kemampuan kartu grafis lewat software. Hash rate RTX 3060 yang baru dirilis pada 25 Februari lalu pun terpangkas hingga hanya setengah kemampuan sebenarnya.

Namun, belakangan limitasi itu sudah berhasil ditembus. Pembobolnya adalah Nvidia sendiri yang tak sengaja melakukannya lewat pembaruan driver beta 470.05.

Di versi tersebut, kinerja hash rate yang tadinya dipangkas menjadi sekitar 20 MH/s, kini kembali ke hash rate awal sebelum dibatasi, yakni berkisar di angka 40 MH/s.

Baca juga: Ini Harga Nvidia GeForce RTX 3060 di Indonesia

Nvidia sendiri mengakui hal tersebut dan mengatakan bahwa pengembang driver versi 470.05 ini salah memasukkan kode yang kemudian menghapus pembatasan hash rate.

"Pengembang driver secara tidak sengaja memasukkan kode yang biasa digunakan untuk pengembangan internal yang menghapus pembatasan hash rate di RTX 3060 untuk sejumlah konfigurasi," ujar Nvidia, dihimpun KompasTekno dari TheVerge, Kamis (18/3/2021).

Ilustrasi kinerja hash rate di GPU Nvidia GeForce RTX 3060 versi dipangkas (kiri) dan versi yang belum dipangkas (kanan).Tomshardware Ilustrasi kinerja hash rate di GPU Nvidia GeForce RTX 3060 versi dipangkas (kiri) dan versi yang belum dipangkas (kanan).

Awalnya, para miner bisa memperbarui driver GeForce RTX 3060 mereka ke versi 470.05 untuk menghilangkan pembatasan tersebut dengan mudah. Namun, kini mereka tidak bisa karena driver tersebut sudah dihapus oleh Nvidia di situs resminya.

Meski demikian, karena kadung dirilis ke publik, file driver ini masih bisa ditemukan di berbagai platform pengunduhan driver di internet.

Pemilik GeForce RTX 3060 pun bisa dengan mudah mengunduh driver versi 470.05 untuk menghapus batasan hash rate sehingga upaya Nvidia terkesan percuma.

Baca juga: Nvidia Menyerah, Luncurkan Lini GPU Khusus untuk Penambang Kripto

Padalah, sebelumnya Nvidia sempat mengklaim bahwa pembatasan hash rate tidak bisa diretas karena algoritma sistem ini tidak hanya mengandalkan driver, tapi juga melibatkan BIOS dan chip GPU yang bersangkutan. 

Niatan awal Nvidia memangkas hash rate adalah supaya RTX 3060 tak menarik buat penambang kripto yang kerap memborong kartu grafis terkini, sehingga turut berkontribusi pada kelangkaan di pasaran.

Selain itu, Nvidia turut memperkenalkan jajaran GPU khusus miner bernama Cryptocurrency Mining Processor, dengan harapan para penambang tak lagi memburu GeForce yang sebenarnya diperuntukkan bagi gamer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com