Cara Mengembalikan Postingan Instagram yang Terhapus, Fiturnya Sudah Aktif di Indonesia

Kompas.com - 18/03/2021, 17:18 WIB
Ilustrasi Instagram SHUTTERSTOCKIlustrasi Instagram

KOMPAS.com - Pada Februari lalu, Instagram menggulirkan fitur baru bernama "Recently Deleted". Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengembalikan unggahan yang telah dihapus.

Saat digulirkan pertama kali, belum semua pengguna bisa langsung menjajalnya karena biasanya fitur baru digulirkan secara bertahap oleh Instagram. Kala itu banyak pengguna di Indonesia juga belum mendapatkan fitur Recently Deleted ini.

Namun melalui pembaruan Instagram tanggal 15 Maret 2021 untuk versi 179.0.0.31.132 di Android, fitur ini sudah bisa digunakan secara luas oleh pengguna Instagram di Tanah Air.

Fitur Recently Deleted ini dapat digunakan untuk memulihkan unggahan foto dan video di feed, Stories, IGTV, dan Reels yang baru dihapus.

Untuk mengembalikan konten Instagram Stories, Instagram memberikan waktu 24 jam sejak konten tersebut dihapus. Sementara konten lain yang muncul di feed, seperti foto, video, Reels, ataupun IGTV, bisa dipulihkan maksimal 30 hari setelah dihapus.

Instagram mengungkapkan, fitur baru ini menjadi solusi ketika pengguna tidak sengaja menghapus foto atau video penting miliknya di Instagram. Atau, ketika ada hacker yang sengaja menghapus unggahan pengguna.

"Kami tahu, terkadang hacker menghapus konten ketika mereka mendapat akses ke akun Anda, dan hingga saat ini orang-orang tidak punya cara untuk mendapakan foto atau video mereka kembali dengan mudah," kata Instagram di blog resminya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Instagram Recently DeletedInstagram Instagram Recently Deleted

Baca juga: 20 Aplikasi yang Paling Banyak Melacak Pengguna, Instagram Teratas

Cara memulihkan konten

Fitur "Recently Deleted" bisa ditemukan dengan membuka profil Instagram, kemudian ketuk ikon titik tiga di pojok kanan atas.

Lalu, pilih "Setting" > "Recently Deleted" > pilih unggahan yang ingin dipulihkan > "More" > "Restore".

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.