Kisah di Balik Makin Cepatnya "Loading Time" GTA Online

Kompas.com - 18/03/2021, 19:32 WIB
Ilustrasi GTA Online. RockstarIlustrasi GTA Online.
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Seorang gamer dengan nama "t0st" mengaku mendapatkan hadiah dari pengembang game Grand Theft Auto (GTA) V, Rockstar sebanyak 10.000 dollar AS atau sekitar Rp 144 juta.

Uang tersebut berhasil didapatkan usai ia sukses menemukan sebuah trik yang bisa mempercepat waktu tunggu (loading time) di mode GTA Online pada GTA V.

Dalam blog pribadinya, t0st mengklaim ada sebuah celah yang mengakibatkan game memuat kontennya dalam waktu yang cukup lama. Celah ini lantas bisa diperbaiki dengan sejumlah trik dan disebut bisa mengurangi proses loading time hingga 70 persen.

T0st sendiri mengunggah "perbaikan" tersebut pada akhir Februari lalu. Beberapa minggu kemudian, tepatnya pada 15 Maret, pihak Rockstar menghubunginya karena ia berhak mendapatkan hadiah uang tunai tadi.

Kini, pembaruan tersebut resmi dirilis oleh Rockstar pada 16 Maret kemarin. Berdasarkan laman Title Update, pembaruan versi 1.53 ini bakal mengurangi durasi peluncuran (loading times) mode GTA Online di versi PC.

Baca juga: Napi Kabur dari Penjara, Tertangkap Lagi berkat Game Call of Duty

Meski tidak disebutkan berapa besar peningkatannya, Rockstar mencantumkan nama "t0st" dalam laman pembaruan tersebut. Sehingga, proses loading time GTA Online kemungkinan bisa lebih cepat 70 persen dari biasanya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Peningkatan loading times (GTA Online) untuk versi PC. *Terima kasih untuk t0st atas kontribusinya untuk pembaruan kali ini," kata Rockstar dalam laman Title Update.

Konon, pembaruan ini memang benar-benar efektif untuk mempercepat proses loading time GTA Online di PC, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari PCGamer, Kamis (18/3/2021). 

Menurut sejumlah gamer di forum Reddit, pembaruan ini berhasil membuat loading time GTA Online menjadi sekitar 1 menit. Padahal, sebelumnya proses tersebut memakan waktu berkisar 2-6 menit bagi beberapa orang.

Menurut hasil pengujian t0st sendiri, pembaruan ini berhasil memangkas proses loading time secara signifikan dari 6 menit ke 1 menit 54 detik.

Baca juga: Bermain Game di Rumah Selama Pandemi, Baik untuk Kesehatan Mental



Sumber PC Gamer
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X