Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone Lawas Ini Tak Bisa Lagi Pakai WhatsApp

Kompas.com - 19/03/2021, 15:31 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jika Anda pengguna WhatsApp di perangkat iPhone 4S, segeralah cadangkan riwayat percakapan Anda. Sebab, aplikasi pesan instan tersebut tidak akan lagi bisa digunakan di iPhone 4S.

Melalui blog resminya, WhatsApp mengatakan hanya akan melanjutkan dukungan layanannya pada ponsel iPhone yang menjalankan iOS 10 atau yang lebih baru.

Ini artinya, pengguna iPhone 4S tidak akan lagi memiliki perlindungan keamanan jika tetap memakai layanan WhatsApp. Atau bahkan di masa depan, WhatsApp tidak bisa lagi dijalankan di perangkat ini.

Pasalnya, iPhone 4S merupakan perangkat dengan iOS 9 sebagai sistem operasi tertinggi dan tidak bisa ditingkatkan ke iOS 10. Sebagai informasi, iOS 9 sendiri pertama kali dirilis pada 2015 silam, berbarengan dengan diluncurkannya iPhone 6S.

Baca juga: Apple Mulai Bikin iPhone 12 di India

Sedangkan iPhone 4S sendiri pertama kali dirilis pada Oktober 2011. Produksi iPhone 4S sendiri sudah dihentikan satu tahun sebelum iOS 9 diluncurkan, tepatnya pada 2014.

Dengan kata lain, iPhone 4S sebenarnya sudah berhenti dijual di pasar selama kurang lebih tujuh tahun.

Kendati demikian, boleh jadi masih ada saja pengguna yang belum mengganti ke iPhone yang lebih baru dan betah menggunakan iPhone 4S.

Pada pertengahan Desember 2020 lalu, layanan WhatsApp juga menghentikan dukungannya untuk iPhone yang masih menjalankan sistem operasi iOS 8.

Selain iOS 9, WhatsApp juga menghentikan dukungan untuk ponsel dengan sistem operasi Android di bawah versi 4.0.3 dan ponsel dengan KaiOS di bawah versi 2.5.1.

Cara mencadangkan riwayat chat

Pengguna iPhone 4S perlu mengetahui bahwa dengan penghentian dukungan WhatsApp ini, pengguna iPhone 4S disarankan untuk segera mencadangkan riwayat obrolan melalui fitur Export Chat, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Phone Arena, Jumat (19/3/2021).

Fitur ini bisa diakses dengan mengunjungi menu "Settings" > "Chats" > "Chat history" > dan "Export chat". Kemudian, pengguna bisa memilih percakapan dari kontak atau grup yang ingin diekspor.

Selanjutnya, pengguna bisa mencadangkan riwayat percakapan hanya teksnya (without media) atau beserta file video/musik/dokumen yang telah diterima/dikirim (include media), apabila ada.

Langkah mengekspor riwayat percakapan di WhatsApp. Pengguna bisa memilih kontak atau grup apa yang percakapannya ingin diekspor.KOMPAS.com/Bill Clinten Langkah mengekspor riwayat percakapan di WhatsApp. Pengguna bisa memilih kontak atau grup apa yang percakapannya ingin diekspor.

Dalam unggahan blog resminya, WhatsApp mengungkapkan pihaknya tidak menyediakan opsi untu mentransfer riwayat obrolan pengguna antarplatform.

"Namun, kami menyediakan opsi untuk mengekspor riwayat obrolan Anda sebagai lampiran e-mail," tulis WhatsApp.

Baca juga: Apple Rilis iOS 14.4.1, Pengguna iPhone Disarankan Update

Nantinya, riwayat percakapan akan dirangkum dalam sebuah file berekstensi ".txt" yang kira-kira bernama "WhatsApp Chat with ....". Adapun titik-titik di nama file tersebut berisi nama kontak atau grup yang telah dipilih tadi.

Perlu dicatat, file riwayat percakapan ini akan berbentuk sebagai lampiran (attachments) dan tidak bisa digunakan untuk memulihkan (restore) percakapan, baik itu di aplikasi WhatsApp maupun aplikasi serupa lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com