Sony Pamer Controller VR untuk PS5, Begini Bentuknya

Kompas.com - 19/03/2021, 17:11 WIB
Ilustrasi PlayStation. SonyIlustrasi PlayStation.

headset KOMPAS.com - Sony telah mengumumkan rencana kehadiran Virtual Reality untuk konsol PlayStation 5 (PS5) pada beberapa waktu lalu. Belakangan, raksasa asal Jepang itu ikut memperkenalkan controller untuk mendukung perangkat headset VR bikinannya.

Kali ini Sony ikut mengungkap wujud dari controller baru tersebut. Berbeda dari controller VR untuk PS4 yang memiliki bentuk menyerupai tongkat lompat tali, controller anyar ini mengusung desain yang lebih unik.

Baca juga: Sony Umumkan Headset VR Khusus Untuk PS5

Bentuknya mrip sarung tangan tinju yang dikenakan di tangan, tapi dengan celah-celah besar serta serangkaian joystick dan tombol. Controller dipakai dengan digenggam dengan posisi melingkari tangan pengguna.

Pada controller sebelah kiri, terdapat satu buah stik analog,tombol persegi dan segitiga, tombol L1 untuk mengambil objek di dalam game, tombol L2, serta satu buah tombol Create.

Wujud controller VR untuk PS5 ketika digenggamSony Wujud controller VR untuk PS5 ketika digenggam

Kemudian pada stik di sebelah kanan ada satu buah stik analog, tombol silang dan lingkaran, tombol R1 untuk mengambil objek, serta tombol R2.

Melalui blog resmi PlayStation, Senior Vice President Platform Planning & Management Sony Hideaki Nishino turut mengatakan bahwa controller tersebut turut dibekali dengan sejumlah fitur yang diambil dari gamepad DualSense, seperti haptic feedback dan adaptive triggers.

Baca juga: Sony Ungkap Cara Menyebut Tombol X yang Benar di PlayStation

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan haptic feedback, controller ini diklaim dapat memberikan sensasi bermain yang berbeda-beda untuk setiap aktivitas dalam game, misalnya getaran ketika mengendarai mobil melalui jalanan tidak rata atau getaran ketika melancarkan pukulan ke lawan.

Controller VR untuk PS5 terdiri dari satu buah analog, dua buah tombol aksi, satu buah tombol trigger, satu buah tombol gripSony Controller VR untuk PS5 terdiri dari satu buah analog, dua buah tombol aksi, satu buah tombol trigger, satu buah tombol grip

Sementara itu, adaptive triggers memberikan tension alias sensasi agak berat ketika menarik pelatuk senjata atau busur dalam game sehingga terasa lebih real.

Baca juga: Sony Setop Layanan Rental Film di PlayStation Store

Dihimpun KompasTekno dari blog PlayStation, Jumat (19/3/2021), controller VR ini juga turut dibekali dengan sensor tracking untuk mengintegrasikannya dengan perangkat headset VR.

Meski telah diumumkan secara resmi, namun Sony belum mengungkap tanggal peluncuran dan harga dari controller anyar ini. Jika mengacu pada waktu peluncuran headset VR PS5, maka controller ini diprediksi baru akan dirilis pada tahun 2022 mendatang.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.