Google Chrome Kini Tampilkan "Subtitle" Video secara Real Time

Kompas.com - 20/03/2021, 14:13 WIB
Ilustrasi Google Chrome forbes.comIlustrasi Google Chrome

KOMPAS.com - Google menambahkan fitur baru bernama Live Caption untuk layanan browser miliknya, Chrome.

Sesuai namanya, fitur ini mampu menampilkan teks kalimat (subtitle) yang diucapkan oleh seseorang dalam video secara real time.

Fitur ini bekerja dengan cara mendeteksi suara dalam video, kemudian mengubahnya menjadi format teks yang ditampilkan di layar secara langsung.

Live Caption sejatinya mirip seperti subtitle dalam film, hanya saja teks yang ditampilkan dibuat secara real time, berdasarkan apa yang diucapkan orang yang ada di dalam video tersebut.

Baca juga: Google Chrome Versi Terbaru Lebih Hemat Memori

Selain video, fitur Live Caption juga bisa menampilkan kalimat dari suara yang berasal dari konten podcast bahkan panggilan telepon.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bagi pengguna yang mengalami masalah pendengaran, fitur Live Caption tentu sangat membantu mereka untuk memahami isi pembicaraan.

Teks akan dimunculkan lewat jendela pop-up kecil di bagian bawah video. Pengguna juga bisa mengatur ukuran teks yang akan ditampilkan.

Menariknya lagi, fitur Live Caption masih berfungsi sekalipun Anda mematikan suara dari video yang sedang diputar.

Untuk menggunakan fitur Live Caption, Anda harus memperbarui aplikasi Google Chrome ke versi 89 lewat toko Google Play Store.

Baca juga: Netflix Resmi Sediakan Menu dan Subtitle Bahasa Indonesia

Usai diperbarui, Anda bisa mengaktifkan fitur ini lewat pengaturan aplikasi dengan cara menjumpai menu Settings, lalu scroll ke bagian Advanced, dan pilih opsi Accessibility.

Fitur Live Caption di Google ChromeKOMPAS.com/ConneyStephanie Fitur Live Caption di Google Chrome

Di sana akan muncul toggle Live Caption dan Anda bisa langsung menggeser ke kanan untuk mengaktifkannya.

Baca juga: Pesan Teks Ini Bisa Bikin iPhone Langsung Hang

Berdasarkan pantauan KompasTekno, fitur Live Caption sudah bisa dicoba oleh pengguna aplikasi Google Chrome Android versi 89.0.4389.90 maupun versi desktop.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari XDA Developers, Sabtu (20/3/2021), fitur ini sementara baru bisa menampilkan teks dari kalimat berbahasa Inggris.

Ke depannya, Google berencana akan menambah dukungan untuk bahasa lainnya. Kendati demikian, tidak disebutkan kapan dukungan untuk bahasa lain itu akan diluncurkan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X