Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kartu Grafis AMD Radeon RX 6700 XT Resmi Dijual di Indonesia, Ini Harganya

Kompas.com - 21/03/2021, 07:00 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah diperkenalkan secara global pada awal Maret lalu, kartu grafis (GPU) AMD Radeon RX 6700 XT kini resmi dipasarkan di Indonesia.

Di Tanah Air, kartu grafis teranyar ini dari keluarga AMD Radeon 6000 Series ini dibanderol mulai dari Rp 8,4 juta (sudah termasuk pajak). Kartu grafis ini bisa didapatkan di seluruh toko ritel rekanan AMD, baik itu offline maupun online.

Adapun beberapa vendor yang digaet AMD untuk merancang kartu grafis ini mencakup ASRock, Asus, Gigabyte, MSI, PowerColor, hingga Sapphire.

AMD mengklaim, stok Radeon RX 6700 XT saat ini sudah ludes terjual (sold out). Sebab, kartu grafis ini diklaim memiliki spesifikasi yang sepadan dengan harga yang ditawarkan.

"Saat ini, kartu grafis di pasar global dan Indonesia memiliki demand yang sangat tinggi, mengingat RX 6700 XT memiliki price to performance yang kompetitif," ujar AMD Channel Sales Director Asia Pacific/Japan, Ryan Sim kepada KompasTekno, Minggu (21/3/2021).

Baca juga: AMD Luncurkan Kartu Grafis Radeon RX 6700 XT

Pihak AMD berjanji akan melakukan restock terhadap kartu grafis tersebut. Namun, mereka tidak mengumbar kapan hal tersebut akan terwujud.

"Nantinya akan ada restock Radeon RX 6700 XT di Indonesia dari partner resmi AMD Indonesia. AMD juga bekerja sama dengan partner untuk mengamankan alokasi stok unit Radeon RX 6700 XT," janji Ryan.

Spesifikasi Radeon RX 6700 XT

AMD perkenalkan kartu grafis Radeon 6700 XT. GSM Arena AMD perkenalkan kartu grafis Radeon 6700 XT.
Secara hierarki, Radeon RX 6700 XT diposisikan di bawah Radeon RX 6800 XT dan RX 6900 XT. Alih-alih mengincar segmen 4K gaming seperti dua "saudaranya", kartu grafis ini ditujukan untuk bermain game di resolusi 1440p.

Untuk menunjang kegiatan tersebut, kartu grafis ini dirancang dengan arsitektur gaming AMD RDNA 2 fabrikasi 7nm. 

Lebih lanjut, kartu grafis ini memiliki base clock speed 2,3 GHz, boost clock speed mencapai 2,5 GHz, dan 40 Compute Units (CUs).

Kapasitas memorinya (VRAM) adalah 12 GB (GDDR6) dengan interface 192-bit, bandwidth hingga 384 GB/s, dan Infinity Cache 96 MB.

Di sektor daya, kartu grafis ini mengusung TDP hingga 230 watt. Kemudian dari segi konektivitas, kartu grafis ini memiliki output berupa tiga buah DisplayPort 1.4 dan satu buah port HDMI 2.1.

Baca juga: Seperti Nvidia, AMD Siapkan GPU Khusus untuk Penambang Kripto?

Kartu grafis Radeon RX 6700 XT juga dilengkapi dengan berbagai fitur pendukung lain, salah satunya adalah Smart Access Memory yang bisa memaksimalkan kinerja GPU secara keseluruhan.

Ada pula teknologi AMD FidelityFX yang diklaim mampu mengoptimalkan pencahayaan, efek bayangan dan refleksi pada lebih dari 40 jenis game.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com