Apple Punya Tim Khusus Berantas Produk Palsu di Medsos

Kompas.com - 22/03/2021, 09:29 WIB
ilustrasi iPhone user reuters.comilustrasi iPhone user

KOMPAS.com - Harga aksesori buatan Apple yang cukup mahal membuat barang palsu alias "KW" marak dijual. Tidak sedikit aksesori imitasi tersebut dijual secara bebas di media sosial.

Hal itu pun ditanggapi serius oleh Apple. Perusahaan yang dipimpin Tim Cook ini mengatakan memiliki tim khusus untuk memberantas peredaran produk imitasi Apple di media sosial.

Apple mengatakan, tim tersebut bertugas untuk mengidentifikasi dan menghapus para pedagang di platform e-commerce maupun media sosial di seluruh dunia yang menjual aksesori Apple palsu.

Menurut juru bicara Apple, pada tahun lalu tim tersebut sudah menghapus lebih dari satu juta daftar produk palsu Apple di media sosial.

"Tahun lalu kami telah meminta penghapusan lebih dari 1 juta daftar produk Apple palsu dari toko online, termasuk Facebook dan Instagram,” kata juru bicara Apple.

Apple sendiri menyadari produk-produk palsu yang beredar di pasaran dapat membahayakan konsumen.

"Keamanan pelanggan kami adalah prioritas utama kami, dan risiko yang terkait dengan produk palsu bisa menjadi sangat serius," lanjut juru bicara Apple.

Terungkapnya keberadaan tim ini berawal dari hasil penelitian perusahaan Ghost Data Team. Firma tersebut melakukan riset terkait maraknya penjualan produk imitasi Apple di media sosial.

Baca juga: Jual iPhone Tanpa Charger, Apple Didenda Rp 27 Miliar

Riset ini diinisiasi oleh peneliti keamanan siber Andrea Stroppa setelah mengalami kejadian tidak mengenakkan pada 2020 lalu.

Kala itu, ketika Stroppa mengisi baterai iPhone miliknya, charger iPhone yang ia pinjam dari rekannya tiba-tiba meledak.

Halaman:


Sumber Bloomberg
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X