Perusahaan Induk TikTok Akuisisi Pengembang Game Mobile Legends

Kompas.com - 22/03/2021, 19:58 WIB
Ilustrasi TikTok ByteDance cnet.comIlustrasi TikTok ByteDance

KOMPAS.com - ByteDance dilaporkan telah mencapai persetujuan untuk mengakuisisi pengembang game multiplayer online battle arena (MOBA) populer Mobile Legends, Moonton Technology.

Akuisisi ini rencananya dilakukan ByteDance melalui unit usahanya yang bergerak di bisnis game, Nuverse, guna memperluas bisnis video game milik perusahaan induk TikTok tersebut. ByteDance sendiri memang diketahui mulai melebarkan sayapnya di bisnis video game.

Baca juga: Mirip Instagram, TikTok Kini Punya Fitur Tanya Jawab di Live Streaming

"Montoon akan memberikan dukungan strategis yang dibutuhkan dalam mengakselerasi penawaran gaming Nuverse secara global," sebut ByteDance dalam sebuah pernyataan.

NIkai akuisisi tidak disebutkan, tapi menurut sumber yang berbicara kepada Reuters diperkirakan mencapai kisaran 4 milliar dollar AS (sekitar Rp 57,4 triliun), sebagaimana dihimpun KompasTekno, Senin (22/3/2021).

Dalam sebuah memo internal yang dibocorkan oleh sumber anonim, CEO Moonton Yuan Jing kabarnya mengatakan bahwa perusahaan tersebut akan tetap beroperasi secara mandiri setelah diakuisisi oleh ByteDance.

Baca juga: Update Mobile Legends 1.5.62 Bawa Hero Beatrix, Ini Kemampuannya

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan akuisisi ini, ByteDance akan bersaing langsung dengan Tencent, perusahaan video game dan media sosial terbesar di China yang memiliki sejumlah judul populer seperti Honor of Kings dan League of Legends.

Montoon sendiri didirikan oleh mantan karyawan Tencent. Game besutannya, Mobile Legends, populer di kawasan Asia Tenggara. Sebelum menyetujui akuisisi oleh ByteDance, Montoon kabarnya juga sempat ditawar oleh Tencent.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.