Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Galaxy A52 dan A72 Dibekali Slot MicroSD, Jack Audio 3,5mm, dan Charger?

Kompas.com - 23/03/2021, 14:15 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber SamMobile

KOMPAS.com - Samsung telah meluncurkan dua smartphone baru dari keluarga Galaxy A series, yakni Galaxy A52 dan A72. Kedua ponsel ini juga sudah resmi dijual di Indonesia.

Dua ponsel kelas menengah ini masih dibekali beberapa fitur yang konon akan segera dihilangkan oleh Samsung dari perangkatnya. 

Adapun fitur yang dimaksud ialah slot microSD, port audio jack 3,5 mm, hingga kepala adapter charger dalam kotak kemasan penjualan.

Galaxy A52 dan A72 dibekali dengan dual-SIM Hybrid yang mana salah satunya dapat digunakan untuk microSD. MicroSD ini memungkinan pengguna memperbesar memori penyimpanan hingga 1 TB.

Duo ponsel anyar di keluarga Galaxy A series ini juga memiliki port audio jack 3,5mm yang terletak di bagian bawah ponsel atau tepatnya terletak di sebelah kiri port pengisian daya.

Baik Galaxy A52 dan A72, keduanya juga masih dibekali kepala charger.

Untuk Galaxy A52, dalam boks pembelian disertakan kepala charger yang mendukung adaptive fast charging 15 watt. Sedangkan untuk Galaxy A72 dibekali kepala charger yang mendukung fast charging 25 watt.

Baca juga: Samsung Akhirnya Jujur soal Nasib Galaxy Note

Beberapa waktu belakangan ini, Samsung memang mulai menghilangkan ketiga fitur pendukung tersebut. Jajaran ponsel flagship Galaxy S21 yang diluncurkan Januari 2021 lalu juga sudah tidak didukung oleh tiga fitur tersebut.

Ada beberapa pertimbangan soal penghapusan ini. Pertama, slot microSD mulai dihilangkan Samsung karena vendor asal Korea Selatan ini tengah mempromosikan opsi penyimpanan berbasis cloud.

Sedangkan port audio jack juga mulai tidak disertakan karena berkembang pesatnya aksesori headphone nirkabel hingga earphone True Wireless Stereo (TWS).

Samsung juga mulai tidak menyertakan kepala adapter charger dalam paket pembelian perangkatnya karena alasan ingin mengurangi dampak pencemaran lingkungan.

Namun, langkah ini agaknya masih diterapkan Samsung pada jajaran ponsel kelas atasnya, belum ke lini ponsel kelas menengahnya seperti Galaxy A52 dan A72, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari SamMobile, Minggu (21/3/2021).

Baca juga: Galaxy A52, Penerus Smartphone Android Paling Laris di Dunia

Diwarisi sejumlah fitur Galaxy S21

Selain dibekali fitur yang absen pada ponsel flagship, Galaxy A52 dan A72 ini juga mewarisi sejumlah fitur yang disematkan pada ponsel Galaxy S21.

Adapun fitur yang ada pada ponsel Galaxy S21 yang juga disematkan pada Galaxy A52 dan Galaxy A72 antara lain seperti kamera belakang dengan sensor beresolusi 64 MP, pemindai sidik jari di bawah layar (underscreen), NFC, hingga fitur face recognition.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber SamMobile


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com