Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Pria Kehilangan Bitcoin Senilai Rp 7,7 Miliar gara-gara Elon Musk Palsu

Kompas.com - 24/03/2021, 08:30 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber BBC

 

KOMPAS.com - "Malam itu saya dibutakan oleh ketamakan," ujar Sebastian (bukan nama asli), seorang pria asal Kota Cologne, Jerman, yang kehilangan 10 koin Bitcoin (BTC), atau sekitar Rp 7,7 miliar usai ditipu oleh orang yang tak dikenal.

Penipu ini berhasil mengelabui Sebastian menggunakan sebuah akun Twitter yang menyamar sebagai pendiri Tesla dan SpaceX, Elon Musk.

Melalui akun tersebut, sang penipu menggelar suatu acara berhadiah (giveaway), di mana tiap keping BTC (mulai dari 0,1 BTC hingga 20 BTC) yang dikirim, dijanjikan akan dilipatgandakan dalam beberapa menit.

Misalnya, apabila mengirimkan 1 BTC, maka akan mendapatkan 2 BTC, lalu apabila 5 BTC hadiah yang dijanjikan adalah 10 BTC, dan begitu seterusnya.

Giveaway ini digelar melalui sebuah situs web yang desainnya, menurut pria berumur 42 tahun ini, cukup meyakinkan.

Untuk memancing korban agar masuk ke dalam website tersebut, penipu alias scammer ini menggunakan akun Twitter yang terverifikasi.

Baca juga: Apa Itu Dogecoin, Mata Uang Kripto Lelucon yang Dipromosikan Elon Musk

Penipu menuliskan sebuah kicauan berisi tautan ke website tersebut. Kicauan itu ia unggah dengan membalas twit dari akun Elon Musk yang asli pada 22 Februari lalu yang berbunyi "Dojo 4 Doge".

"Ada tautan untuk suatu acara (giveaway) tepat di bawahnya (twit asli Musk), jadi saya klik saja tautan tersebut dan ternyata dia tengah memberikan Bitcoin secara cuma-cuma," kata Sebastian, dikutip KompasTekno dari BBC, Rabu (24/3/2021).

Percaya karena verifikasi biru

Ilustrasi akun Twitter yang menyamar sebagai Elon Musk.BBC Ilustrasi akun Twitter yang menyamar sebagai Elon Musk.
Sebastian sendiri mengaku yakni bahwa akun tersebut asli lantaran sudah dibekali dengan ikon "centang biru" alias verified. Artinya, akun yang ia lihat merupakan akun resmi yang bukan "kaleng-kaleng". 

Usut punya usut, akun ini ternyata merupakan milik pembawa acara televisi kenamaan asal AS, Josh McBride (@JoshyMcB) yang ternyata sempat diretas oleh seseorang selama dua hari.

Selain verified, Sebastian makin yakin bahwa akun tersebut merupakan akun asli milik Elon Musk karena melihat nama akun (display name) serta foto profil yang nyaris identik dengan akun asli Musk. Meski, handle akun tersebut masih bernama @JoshyMcB.

"Saya awalnya mengira ini sangat asli, jadi saya ingin melakukan upaya maksimal dan akhirnya mengirimkan 10 Bitcoin," ungkap Sebastian yang pertama kali berinvestasi Bitcoin pada 2017 lalu senilai 40.000 dolar AS.

Setelah menunggu beberapa menit, kepercayaan tersebut luntur. Sebab, hadiah yang dijanjikan tak kunjung datang.

"Saya akhirnya menyadari bahwa ini semua penipuan. Saya langsung lemas dan jantung saya langsung berdegup kencang," kata pria yang bekerja di industri teknologi tersebut.

Tidak tidur semalaman

Ilustrasi bitcoin, aset kripto, cryptocurrency. PEXELS/WORLDSPECTRUM Ilustrasi bitcoin, aset kripto, cryptocurrency.
Karena frustrasi, ayah dua anak ini mengaku tak tidur semalaman usai terkecoh oleh penipu Bitcoin yang menyamar menjadi Musk tersebut.

Halaman:
Sumber BBC


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com