Apa Itu Android System WebView yang Bikin Gmail dkk Error Hari Ini

Kompas.com - 24/03/2021, 15:19 WIB
Sejumlah aplikasi di smartphone Android dilaporkan mengalami eror akibat Android Sytem WebView. KOMPAS.com/ Galuh Putri RiyantoSejumlah aplikasi di smartphone Android dilaporkan mengalami eror akibat Android Sytem WebView.

KOMPAS.com - Awal pekan ini, sejumlah pengguna Android mengeluhkan berbagai aplikasi di perangkatnya mengalami error dan crash, termasuk di Indonesia. Aplikasi yang dilaporkan terdampak termasuk Gmail, Facebook, Amazon, Dana, Shopee, Line, dan sebagainya.

Kendala itu ternyata disebabkan oleh aplikasi Android System WebView yang merupakan komponen aplikasi bawaan di perangkat-perangkat Android. Google kini telah memperbaiki masalahnya lewat update, tapi apa sebenarnya WebView dan apa peranannya di Android?

WebView memungkinkan pengembang aplikasi untuk dapat menampilkan konten dari laman web secara langsung di dalam aplikasi.

Misalnya, ketika ingin membuka Gmail, pengguna bisa melakukannya dengan dua cara. Pertama dengan mengakses Gmail.com di browser. Cara kedua ialah dengan membuka aplikasi.

Baca juga: Aplikasi Android Error dan Crash akibat WebView, Ini Cara Memperbaikinya

Nah, aplikasi Gmail di Android ini menyertakan WebView dalam tata letaknya sehingga pengguna bisa mengakses konten Gmail yang sama dengan yang ada di halaman web.

Selain untuk menampilkan konten, WebView juga dapat dimanfaatkan pengembang untuk menambahkan fungsi browser ke aplikasinya sehingga bisa membukalaman web dan mengeksekusi JavaScript layaknya peramban. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Anda dapat merancang halaman web yang disesuaikan untuk perangkat Android, lalu menerapkan WebView di aplikasi Android Anda yang memuat halaman web," tulis penjelasan tentang WebView di situs developer Android.

Tadinya digabung, sekarang dipisah

WebView awalnya menjadi satu dengan sistem operasi Android. Alhasil pembaruan komponen aplikasi hanya akan diperbarui bersamaan dengan rilis terbaru dari sistem operasinya.

Namun, Google selaku pengembang Android mengubah skema ini. Ketika merilis Android 5, Google memisahkan komponen WebView dari sistem operasi inti.

Dengan demikian, pembaruan WebView dapat langsung didistribusikan melalui toko aplikasi Google Play, tak harus menunggu agar berbarengan dengan update sistem operasi.

Halaman:


Sumber TechTarget
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.