Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sering Disamakan, Apa Bedanya Ponsel dengan Smartphone?

Kompas.com - 25/03/2021, 06:31 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber CoolBlue

KOMPAS.com - Ponsel (mobile phone) dan smartphone merupakan dua istilah yang kerap digunakan ketika berbicara soal telepon genggam. Istilah ponsel sering kali digunakan untuk menyebut smartphone, begitu pula sebaliknya.

Namun, ponsel dan smartphone itu ternyata mengacu pada dua perangkat yang berbeda. Baik ponsel maupun smartphone, keduanya memang sama-sama merupakan perangkat genggam (mobile device).

Kendati demikian, ada sejumlah perbedaan fitur yang disematkan pada ponsel dan smartphone. Lantas, apa beda smartphone dan ponsel itu?

Istilah ponsel biasanya digunakan untuk perangkat yang hanya bisa digunakan melakukan panggilan telepon dan SMS.

Beberapa ponsel juga dibekali dengan fitur kamera. Namun, biasanya kamera tersebut tidak terlalu canggih. Di samping itu, umumnya, perangkat ponsel masih menggunakan keyboard T9 fisik.

Baca juga: Aturan IMEI Berlaku, Vendor Smartphone Mana yang Diuntungkan?

Sementara istilah smartphone lebih tepat digunakan ketika merujuk pada perangkat seluler yang dibekali dengan semua jenis fitur tambahan yang absen pada ponsel.

Fitur tersebut seperti akses ke internet, kemampuan mengunduh berbagai aplikasi, hingga fitur kamera yang canggih. Keyboard yang ada pada smartphone juga biasanya hadir dalam bentuk virtual alias touch screen.

Secara sederhana, berikut persamaan dan perbedaan smartphone dan ponsel dari segi fitur yang disematkan, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari CoolBlue, Kamis (25/3/2021).

Fitur Ponsel Smartphone
Panggilan telepon Ya Ya
Berkirim SMS Ya Ya
Berselancar di internet Tidak Ya
Mengunduh aplikasi Tidak Ya
Keyboard Fisik Virtual
Kualitas kamera Biasa saja Baik hingga
sangat baik


Smartphone: ponsel seperti komputer

Pertanyaan soal perbedaan ponsel dan smartphone juga muncul di situs tanya jawab Quora. Akun bernama Shahin Cassim turut menyuarakan pendapatnya soal perbedaan dua istilah ini.

Jika ada orang yang menyebutkan smartphone dengan istilah ponsel, orang tersebut tidak sepenuhnya salah.

Hal ini karena, menurut Cassim, ponsel merupakan istilah umum yang bisa digunakan orang-orang untuk menyebut perangkat telepon yang tidak terhubung dengan kabel alias mobile.

Jadi secara umum, menurut Cassim, istilah ponsel (mobile phone) juga bisa digunakan untuk menyebut pada perangkat komunikasi seperti telepon satelit, telepon seluler (cell phone), hingga telepon Wi-Fi.

"Istilah 'ponsel' mencakup semua teknologi berbasis seluler di jaringan 2G, 3G, 4G AMPS, PCS, dll," tulis Cassim di situs tanya jawab Quora.

Baca juga: Smartphone Murah Makin Mendominasi di Indonesia

Seiring berjalannya waktu, telepon seluler ini turut berkembang dan dibekali dengan berbagai fitur tambahan, sseperti game, kalender, e-mail, dan sebagainya.

Nah, ketika ponsel fitur mengalami evolusi menjadi mirip seperti komputer, barulah muncul istilah ponsel cerdas alias smartphone.

Istilah smartphone diciptakan untuk membedakan ponsel fitur dengan ponsel yang memiliki kemampuan seperti komputer. "Ponsel Android dan iPhone adalah contoh smartphone," tulis Cassim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CoolBlue


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com