Setahun Pandemi, Bagaimana Karyawan Gojek Bekerja?

Kompas.com - 25/03/2021, 14:16 WIB
Ilustrasi Gojek. Dok Humas GojekIlustrasi Gojek.

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 memaksa sebagian besar perusahaan menerapkan kebijakan baru, yaitu bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Salah satu yang menerapkannya adalah perusahaan ride-hailing Gojek.

Sejak pertengahan Maret 2020 lalu, Gojek telah menerapkan kebijakan WFH yang juga disebut Kerja Dari Rumah (KDR). Kebijakan itu masih berlaku hingga Maret 2021 ini, setahun setelah KDR diterapkan.

"Kebijakan WFH masih berlaku hingga saat ini bagi karyawan Gojek di Indonesia, dengan mempertimbangkan beberapa hal," ujar Senior People Partner Gojek, Yona Aldila Pratama kepada KompasTekno, Rabu (24/3/2021).

Baca juga: Menanti Merger Tokopedia dan Gojek

Kebijakan WFH sendiri juga sempat diterapkan di wilayah operasional Gojek di luar Indonesia, seperti Singapura, Vietnam, dan Thailand.

Namun, hal itu kini tidak berlaku lagi lantaran Gojek mulai menerapkan sistem bekerja normal dari kantor atau work from office (WFO). Sebab, angka kasus Covid-19 di negara-negara tersebut diklaim sudah stabil.

Ketika WFO, perusahaan teknologi yang didirikan pada 2010 silam ini menerapkan sistem hybrid, dimana dua tim (tim A dan B) akan masuk ke kantor di hari-hari tertentu sesuai dengan jadwalnya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sehingga, seseorang dari tim A dan tim B dipastikan tidak akan tatap muka di hari yang sama.

Para karyawan juga harus mematuhi protokol kesehatan yang berlaku, seperti menggunakan masker, hingga melakukan pengecekan suhu sebanyak 2x sehari.

Meski demikian, kebijakan WFO ini bisa berubah sewaktu-waktu menyesuaikan kondisi terkini di sejumlah negara tersebut.

Dapat fasilitas gratis

Ilustrasi GojekDok Telkomsel Ilustrasi Gojek

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X