Telegram Dapat Suntikan Dana Rp 2,1 Triliun, Buka Kantor di Abu Dhabi

Kompas.com - 25/03/2021, 16:31 WIB
Ilustrasi aplikasi Telegram IstIlustrasi aplikasi Telegram

KOMPAS.com - Perusahaan penyedia layanan aplikasi perpesanan Telegram baru-baru ini mendapatkan suntikan dana sebesar 150 juta dolar AS atau sekitar Rp 2,1 triliun.

Investasi tersebut berasal dari dua perusahaan pendanaan asal Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), yakni Mubadala (75 juta dolar AS/Rp 1,05 miliar) and Abu Dhabi Catalyst Partners (75 juta dolar AS/Rp 1,05 miliar. 

Adapun suntikan dana ini merupakan hasil dari penjualan surat utang/obligasi (bonds) lima tahun sebelum Telegram melakukan penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO) pada 2026 mendatang.

Baca juga: Update Telegram Ada Fitur Baru Mirip Clubhouse

Obligasi ini sendiri berjenis convertible bonds, di mana nantinya obligasi tersebut bakal bisa dikonversikan ke saham dengan nilai yang setimpal, apabila Telegram benar-benar IPO di waktu yang telah ditentukan.

Dengan investasi ini, Telegram bakal membuka kantor baru di wilayah Abu Dhabi, UEA untuk memperkuat eksistensinya di negara tersebut, dan di sekitar wilayah Timur Tengah.

"Kami merasa terhormat atas investasi senilai 150 juta dollar AS ke Telegram dari Mubadala dan Abu Dhabi Catalyst Partners," ujar pendiri sekaligus CEO Telegram, Pavel Durov, dikutip KompasTekno dari TechCrunch, Kamis (25/3/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami juga antusias untuk mengembangkan kemitraan strategis ini demi melanjutkan kiprah Telegram di kawasan MENA (Middle East & North Africa) dan tentunya secara global," imbuh Durov. 

Dapat suntikan Rp 14,4 trilun

Pengumuman Durov di channel resmi Telegram miliknya.KOMPAS.com/Bill Clinten Pengumuman Durov di channel resmi Telegram miliknya.

Dalam kanal resminya di platform Telegram, Durov sendiri mengaku telah mendapatkan suntikan dana lebih dari 1 miliar dolar AS atau sekitar Rp 14,4 triliun dalam bentuk obligasi.

Dari angka tersebut, 150 juta dolar AS konon berasal dari dari dua investor asal Dubai tadi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.