Tips WFH Sehat dan Produktif dari Bos-bos Perusahaan Teknologi

Kompas.com - 25/03/2021, 20:27 WIB
Ilustrasi work from home atau bekerja dari rumah. ShutterstockIlustrasi work from home atau bekerja dari rumah.

KOMPAS.com - Setahun yang lalu, atau tepatnya 11 Maret 2020, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) resmi mengumumkan wabah Covid-19 sebagai pandemi global. Sejak saat itu, banyak negara di seluruh dunia meminta warganya untuk tetap di rumah.

Pandemi pun membuat banyak perusahaan terpaksa menerapkan sistem bekerja dari rumah atau work from home (WFH) secara mendadak. Work from home disebut-sebut membawa beberapa manfaat bagi para pekerja, terutama dalam hal waktu yang lebih fleksibel.

Misalnya pekerja jadi dapat menghemat waktu dan uang yang biasanya tebuang untuk melakukan perjalan berangkat dan pulang dari kantor. Pekerja juga disebut lebih memiliki kehidupan pribadi dan pekerjaan yang lebih seimbang.

Baca juga: WFH Bikin Generasi Z Lebih Stres Bekerja, Menurut Survei Microsoft

Kendati demikian, di saat bersamaan, WFH juga kerap membuat para pekerja menjadi lebih mudah terganggu. Beberapa pekerja juga merasa sulit berada jauh dari laptop atau perangkat lain yang digunakan untuk bekerja.

Selama WFH, sejumlah CEO dan pendiri perusahaan teknologi raksasa dunia membentuk kebiasaan unik masing-masing yang membantu mereka mengatur rutinitas WFH.

Penasaran dan ingin mencoba mengikuti kebiasaan mereka? Berikut 5 tips dari bos perusahaan teknologi dunia agar tetap produktif sekaligus sehat selama WFH, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari World Finance, Kamis (25/3/2021).

1. Bill Gates: buat jadwal dan disiplin

Pendiri perusahaan raksasa software Microsoft, Bill Gates, merupakan salah seorang yang mendukung skema bekerja dari rumah untuk dilanjutkan, bahkan saat pandemi Covid-19 usai nanti.

Ia pun tak menampik bahwa skema bekerja dari rumah ini juga mendatangkan tantangan baru bagi para pekerja. Namun, Gates mengungkapkan kunci utama untuk menjalani kebiasaan baru ini adalah dengan membuat jadwal rutinitas yang baru juga agar tetap produktif.

Baca juga: Profil Bill Gates, Pendiri Microsoft yang Putus Kuliah demi Kejar Mimpi

Ia turut menekankan pentingnya konsisten mengikuti jadwal rutinitas WFH yang telah dibuat. “Saya pikir memiliki pola normal baru dan berusaha agar setiap hari untuk mematuhinya, akan cukup membantu. Menurut saya disiplin itu sangat penting,"kata Gates.

2. CEO Twitter: awali hari dengan meditasi dan olahraga

Ilustrasi meditasi di kantorStockLib Ilustrasi meditasi di kantor
Beberapa bulan setelah pandemi dimulai, Twitter menjadi salah satu perusahaan teknologi raksasa yang akhirnya memutuskan unutk memperbolehkan pegawai bekerja selamanya dari rumah jika diinginkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X