Terusan Suez Macet, Pantau Pergerakan Kapal dengan Aplikasi Ini

Kompas.com - 26/03/2021, 14:48 WIB
Lalu-lintas palayaran di terusan Suez yang macet, bisa dipantau lewat aplikasi dan situs MarineTraffic. MarineTraffic.comLalu-lintas palayaran di terusan Suez yang macet, bisa dipantau lewat aplikasi dan situs MarineTraffic.

KOMPAS.com - Sebuah kapal kontainer bernama MV Ever Given membikin Terusan Suez macet sejak Selasa (23/3/2021). Alhasil, jalur perdagangan Terusan Suez di Mesir mengalami kemacetan.

Sebanyak lima kapal tunda dilaporkan sedang berusaha membebaskan kapal MV Ever Given agar bisa berlayar lagi.

Pembebasan kapal MV Ever Given ini diprediksi akan memakan waktu berminggu-minggu, dan diprediksi membuat Terusan Suez macet untuk waktu yang belum ditentukan.

Baca juga: Pantau Banjir Jakarta, Bekasi, dan Sekitarnya Lewat Situs Ini

Untuk memantau kondisi macet di Terusan Suez, pengguna internet bisa melacaknya melalui situs MarineTraffic.com. Pengguna juga bisa mengunduh aplikasi pelacak kapal Marine Traffic melalui tautan berikut, untuk iOS dan untuk Android . 

Situs dan aplikasi Marine Traffic ini memberikan pengguna akses ke data real time terkait lalu lintas kapal, live map, posisi kapal, perkiraan cuaca, informasi pelabuhan, hingga informasi terkait riwayat rute kapal di seluruh dunia, termasuk di Terusan Suez.

Menurut data satelit MarineTraffic.com, haluan kapal Ever Given yang seberat 200.000 ton itu menabrak sisi timur kanal, sedangkan buritannya tampak tersangkut di sisi barat terusan Suez.

Sebuah kapal kontainer besar kandas di terusan Suez setelah terdorong kuatnya hembusan angin pada Selasa (23/3/2021).
JULIANNE CONA via INSTAGRAM Sebuah kapal kontainer besar kandas di terusan Suez setelah terdorong kuatnya hembusan angin pada Selasa (23/3/2021).

Akibat tersangkutnya kapal Ever Given ini, Terusan Suez macet dan membuat lalu-lintas 150 kapal di jalur penting dalam perdagangan maritim global ini antre, per Kamis (25/3/2021).

Kemacetan di Terusan Suez, Mesir, membuat dunia rugi 400 juta dollar AS (Rp 5,6 triliun) per jam untuk barang yang tertunda, menurut perkiraan Lloyd's List.

Mengapa Terusan Suez Penting?

Terusan Suez menghubungkan antara Afrika dan Semenanjung Sinai di Mesir Utara.

Sejak diresmikan pada 1896, Terusan Suez telah beberapa kali mengalami pelebaran di dimodernisasi untuk menampung lebih banyak kapal.

Baca juga: Pantau Informasi Mati Lampu Hari Ini di Jakarta dan Sekitarnya di Situs Ini

Terusan Suez bertanggung jawab atas 10 persen perdagangan maritim global. Sejak diresmikan, kanal ini mempersingkat pelayaran antara Asia dan Eropa.

Sebelum Terusan Suez ada, rute pelayaran dari Asia ke Eropa biasanya memutari Afrika. Ini memerlukan waktu yang sangat lama karena jaranya yang sangat panjang.

Namun sejak Terusan Suez ada, pelayaran dari Asia ke Eropa atau sebaliknya bisa terpangkas dan mempersingkat waktu pelayaran hingga dua pekan lebih cepat daripada harus memutari Afrika.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X