Genshin Impact Jadi Game Mobile Tercepat Meraih Pendapatan Rp 14 Triliun

Kompas.com - 26/03/2021, 15:31 WIB
Ilustrasi karakter di game Genshin Impact Sensor TowerIlustrasi karakter di game Genshin Impact

KOMPAS.com - Sejak resmi diluncurkan pada 28 September 2020 lalu, Genshin Impact berhasil mendulang pendapatan mencapai 1 miliar dollar AS (sekitar Rp 14,4 triliun). 

Bahkan menurut firma riset aplikasi Sensor Tower, Genshin Impact menjadi game mobile tercepat yang berhasil mendulang pendapatan dengan angka tersebut.

Genshin Impact meraih pendapatan 1 miliar dollar AS dalam waktu enam bulan. Rekor sebelumnya, dipegang oleh Pokemon GO yang membutuhkan waktu sembilan bulan.

Berdasarkan laporan Sensor Tower, game besutan Mihoyo ini diketahui meraup pendapatan 874 juta dollar (sekitar Rp 12,6 triliun) pada bulan kelima.

Setiap bulannya, Genshin Impact diperkirakan mengumpulkan pendapatan rata-rata sebesar 160 juta dollar AS (sekitar Rp 2,3 triliun). Pendapatan terbesar terjadi pada Oktober 2020 dengan total mencapai 223,7 juta dollar AS (sekitar Rp 3,2 triliun).

Baca juga: Update Genshin Impact Versi 1.4, Ada Banner Venti dan Kencan Virtual

Selama Maret 2021, Genshin Impact berhasil menduduki peringkat ketiga dalam daftar judul game dengan pendapatan terbesar di Google Play Store dan App Store, di belakang PUBG Mobile dan Honor of Kings.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perlu diperhatikan bahwa angka ini dihitung berdasarkan pendapatan yang diraih dari toko aplikasi berbasis mobile saja. Artinya, Sensor Tower belum menghitung pendapatan yang bersumber dari pemain konsol seperti PlayStation 4 (PS4).

Grafik total waktu yang dibutuhkan game mobile untuk meraih pendapatan di angka 1 miliar dollar AS (sekitar Rp 14,4 triliun).Sensor Tower Grafik total waktu yang dibutuhkan game mobile untuk meraih pendapatan di angka 1 miliar dollar AS (sekitar Rp 14,4 triliun).

China pasar terbesar

Genshin Impact memang menjadi salah satu game yang digandrungi oleh pemain. Hal ini disebabkan karena Genshin Impact sudah mendukung cross-play.

Dengan demikian, pemain PC, Android, iOS, dan PS4 bisa bermain bersama-sama di satu arena asalkan masih dalam server yang sama.

Menurut Sensor Tower, China menjadi penyumbang pendapatan terbesar bagi Genshin Impact dengan angka total mencapai 302 juta dollar AS (sekitar Rp 4,3 triliun). Angka tersebut merupakan 29,5 persen dari total pendapatan keseluruhan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.