Kapan Waktu yang Tepat Memberi Smartphone untuk Anak?

Kompas.com - 26/03/2021, 18:42 WIB
Ilustrasi anak bermain gawai. PEXELS/JESSICA LEWISIlustrasi anak bermain gawai.

KOMPAS.com - Smartphone alias ponsel pintar saat ini menjadi bagian integral dalam kehidupan masyarakat. Smartphone dapat digunakan menunjang aktivitas sehari-hari, mulai dari bekerja, berkomunikasi, belajar, hingga hiburan.

Karena kecanggihannya, tak jarang perangkat ini juga menjadi "alat" bagi orang tua saat mengasuh anak-anak mereka.

Misalnya, sejumlah orang tua dengan sengaja menyodorkan smartphone dan konten hiburan kepada anak-anak agar mereka bisa diam dan tidak membuat keributan (tantrum).

Dalam sebuah diskusi bersama Google Indoensia pada Februari lalu, Asisten Deputi Perlindungan Anak Kementerian PPPA RI Ciput Eka Purwianti mengaku miris dengan dengan kebiasaan orang tua tersebut.

Menurut Ciput, penggunaan smartphone tanpa pendampingan orang tua dapat meningkatkan potensi anak menjadi asosial karena terlalu asyik dengam dunianya sendiri.

Baca juga: Tips Menjaga Keamanan Anak di Internet

Oleh karena itu, pemberian smartphone pada anak-anak ini bukanlah sesuatu yang bisa dianggap enteng.

Hal ini kemudian ikut memunculkan pertanyaan, kapan sebaiknya para orang tua memberikan smartphone pertama pada anaknya?

Saran Bill Gates

Sebenarnya tidak ada jawaban benar atau salah terkait pertanyaan ini.

Namun, pendiri perusahaan software terkemuka dunia Microsoft, Bill Gates mengaku dirinya menetapkan batas usia minimum sebelum membiarkan anak-anaknya memiliki smartphone masing-masing.

Gates mengungkapkan, ketiga anak-anaknya yakni Jennifer, Rory, dan Phoebe Gates, tidak diizinkan memiliki smartphone sendiri hingga mereka berusia 14 tahun.

Halaman:


Sumber good.is
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X