Hasil Pencarian Google Ternyata Sebagian Besar Tidak Diklik

Kompas.com - 27/03/2021, 11:45 WIB
Ilustrasi Google Search cnet.comIlustrasi Google Search

KOMPAS.com - Tidak bisa dipungkiri, Google Search, menjadi rujukan hampir seluruh pengguna internet di seluruh dunia untuk mencari informasi tentang apapun. Namun, cara orang mendapatkan informasi di Google Search agaknya sedikit berubah.

Melansir dari Sparktoro yang menghimpun data dari SimilarWeb, saat ini banyak para pencari pencarian Google tidak mengklik hasil pencarian yang ditampilkan.

SimilarWeb menganalisis sekitar 5,1 triliun hasil pencarian Google sepanjang 2020 yang berasal dari lebih dari 100 juta perangkat mobile dan desktop.

Dari 5,1 triliun pencarian, hanya 33,59 persen yang diklik secara organik (organic click-through-rate/CTR), sementara 1,59 persen dari total pencarian adalah klik berbayar (paid CTR).

Lalu, bagaimana selebihnya? Sisanya atau sebesar 64,82 persen adalah zero-click searches alias hasil pencarian yang tidak diklik untuk menuju web lain. Jumlah tersebut kira-kira 2/3 dari total pencarian Google.

Persentase CTR di Hasil Pencarian Google Search, di mana sebagian besar hasil pencarian tidak diklik oleh pencari.Sparktoro Persentase CTR di Hasil Pencarian Google Search, di mana sebagian besar hasil pencarian tidak diklik oleh pencari.

Pada perangkat dekstop yang mencakup laptop dan tablet, persentase organic CTR lebih besar, yakni 50,75 persen, sementara paid CTR hanya 2,78 persen. Porsi untuk zero-click searches juga cukup besar, yakni mencapai 46,48 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara di mobile, zero-click searches persentase justru paling besar, yakni 77,22 persen.
Sedangkan organic CTR hanya 21,99 persen, dan paid CTR 0,79 persen.

Melihat selisih zero-click searches di atas, tampaknya Google cukup berhasil meningkatkan pengalaman pencarian di perangkat mobile.

Jumlah zero-click searches tahun 2020 menjadi yang paling tinggi. Belum ada penjelasan lebih dalam tentang penyebabnya.

Namun, kemungkinan hal ini berkaitan dengan eksperimen Google yang membatasi fitur Snippet di kuartal I-2021 yang sebentar lagi akan usai.

Baca juga: Pesan Forward WhatsApp Bisa Langsung Di-googling, Begini Caranya

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.