Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Imbas Kelangkaan Chip, Oppo Band Naik Harga di Indonesia

Kompas.com - 29/03/2021, 10:33 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Oppo memutuskan untuk melakukan penyesuaian harga jual produk gelang pintar (smart band) terbarunya, Oppo Band, di Indonesia. Kini, harga Oppo Band di Indonesia naik dari Rp 549.000 menjadi Rp 649.000.

Penyesuaian harga ini terjadi akibat kondisi kelangkaan pasokan chip yang mulai dirasakan oleh para pabrikan ponsel.

"Karena kelangkaan stok prosesor yang digunakan untuk Oppo Band, maka kami (Oppo) memohon maaf bahwa harga dari Oppo Band harus dikoreksi menjadi Rp 649.000 untuk harga normal," kata Oppo Indonesia dalam keterangannya ke KompasTekno, Senin (29/3/2021).

Baca juga: Stok Chip Langka, Perangkat Xiaomi Bakal Naik Harga?

Selain Oppo, kondisi kelangkaan chip juga dirasakan oleh para pemain lain di industri gadget seperti Samsung dan juga Xiaomi.

Co-CEO Samsung IT and Mobile Communication DJ Koh pun mengatakan, kelangkaan chip global berpotensi menjadi masalah besar bagi perusahaannya tahun ini. Salah satu korbannya adalah lini ponsel Galaxy Note yang disebut tak akan hadir di 2021.

Sementara itu, Xiaomi turut mengatakan bahwa  kelangkaan chip kemungkinan bakal berujung pada naiknya harga jual produk bagi konsumen.

Prosesor atau chip semikonduktor adalah salah satu komponen utama yang berperan sebagai "otak" di gadget dan banyak perangkat elektronik lain. Di industri PC, efeknya antara lain adalah stok produk CPU dan GPU baru yang menjadi sangat terbatas.

Baca juga: Snapdragon 888 Bakal Jadi Barang Langka

Kelangkaan bahkan ikut berimbas pada industri otomotif, di mana sejumlah pabrikan terpaksa mengurangi produksi lantaran kendaraan modern banyak bergantung pada komponen elektronik yang menggunakan chip.

Penyebab kelangkaan adalah angka permintaan yang tinggi selama pandemi berlangsung, sementara, produksi chip justru dikurangi sehingga berujung pada ketimpangan antara pasokan dan demand.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com