Kapal yang Blokade Terusan Suez Bisa Dipindah ke Selat Sunda, Begini Caranya

Kompas.com - 29/03/2021, 10:59 WIB
Kapal Ever Given yang membuat terusan Suez macet bisa dipindahkan secara virtual ke Selat Sunda. Begini caranya. Glitch.meKapal Ever Given yang membuat terusan Suez macet bisa dipindahkan secara virtual ke Selat Sunda. Begini caranya.

KOMPAS.com - Sebuah kapal kontainer bernama MV Ever Given mengakibatkan sebuah jalur kapal penting di dunia, Terusan Suez, macet sejak Selasa (23/3/2021).

Alhasil, jalur perdagangan Terusan Suez di Mesir mengalami kemacetan lantaran kedua sisi kapal (depan dan belakang) memblokade kedua bibir kanal (kiri dan kanan) secara horizontal.

Diprediksi, butuh waktu berminggu-minggu untuk mengevakuasi kapal tersebut agar lalu lintas perdagangan kembali normal.

Meski demikian, pengguna internet tampaknya bisa "memindahkan" kapal yang memiliki ukuran panjang 400 meter dan lebar 59 meter dengan bobot 200.000 ton itu ke tempat lain di dunia ini dengan mudah.

Baca juga: Terusan Suez Macet, Pantau Pergerakan Kapal dengan Aplikasi Ini

Hal itu berkat kehadiran situs web bernama Ever Given Ever Ywhere yang bisa diakses melalui https://evergiven-everywhere.glitch.me/.

Ketika pengguna mengunjungi situs tersebut, mereka akan disodori dengan tampilan utama kapal MV Ever Given yang "menempel" di atas permukaan peta. Peta tersebut lantas bisa diperbesar atau diperkecil dengan mencubit layar (pinch in/out).

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Metode pinching sejatinya hanya memperkecil atau memperbesar peta.

Untuk melakukan hal yang sama terhadap kapal, pengguna bisa mengeklik tombol "+ Make the boat bigger" untuk memperbesar atau "- Make the boat smaller" untuk memperkecil kapal tersebut.

Pengguna juga bisa memutar arah kapal dengan memencet tombol "Rotate the boat". Kemudian, mereka juga bisa memberikan tanda centang pada opsi "Boat isn't to scale" agar menyesuaikan kapal dengan ukuran aslinya.

Kapal kontainer MV Ever Green yang dipindahkan ke Selat Sunda.KOMPAS.com/Bill Clinten Kapal kontainer MV Ever Green yang dipindahkan ke Selat Sunda.

Lantas, bagaimana cara memindahkannya? Pengguna cukup menggeser saja tampilan peta di situs web tersebut ke lokasi tujuan.

Halaman:


Sumber Forbes
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X