Kapal yang Tersangkut di Terusan Suez Muncul dalam Game Flight Simulator

Kompas.com - 29/03/2021, 17:54 WIB
Tangkapan layar game Microsoft Flight Simulator menunjukkan kapal Ever Given yang tengah tersangkut di Terusan Suez TikTok/@donut_enforcementTangkapan layar game Microsoft Flight Simulator menunjukkan kapal Ever Given yang tengah tersangkut di Terusan Suez

KOMPAS.com - Peristiwa kapal kontainer raksasa bernama Ever Given yang tersangkut di kanal Terusan Suez menjadi perbincangan hangat di jagat maya. Bahkan, kapal yang bertuliskan "Evergreen" ini menjadi sangat ikonik.

Peristiwa tersangkutnya kapal ini pun diadaptasi menjadi bagian dalam game Microsoft Flight Simulator.

Munculnya kapal kontainer Ever Given di game simulasi tersebut direkam dan diunggah oleh pengguna TikTok dengan nama akun donut_enforcement. Video itu pun menarik perhatian Mat Velloso, penasihat teknis CEO Microsoft Satya Nadella yang kemudian mengunggahnya di Twitter.

Dalam video yang berdurasi sekitar 53 detik, terlihat bahwa donut_enforcement yang bertindak sebagai pilot tengah memainkan game simulasi Microsoft Flight Simulator. Ia tampak sedang mengemudikan sebuah pesawat yang tengah mengudara di sisi kanan Terusan Suez.

Baca juga: Terusan Suez Macet, Harga Barang Elektronik Makin Mahal?

Di tengah-tengah video, donut_enforcement kemudian memperlihatkan penampakan kapal Ever Given yang sedang mogok di Terusan Suez. Video tersebut turut diiringi oleh audio suara kapten yang tengah menjelaskan situasi kapal Ever Given kepada para penumpang.

"Sepertinya mereka sedang dalam masalah besar," ujar pilot dalam game Microsoft Flight Simulator.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Video TikTok ini kemudian viral di Twitter setelah dibagikan oleh Mat Velloso. Selain membagikan video game simulasi tersebut, Velloso turut membagikan link untuk mod kapal Ever Given di Terusan Suez tersebut. Tidak diketahui siapa yang membuat modifikasi

Pemain Microsoft Flight Simulator yang tertarik untuk melihat sendiri peristiwa tersebut dapat mengunduh mod yang dimaksud melalui tautan berikut.

Sebagai informasi, Microsoft Flight Simulator merupakan sebuah game simulasi yang tersedia untuk platform PC, konsol Xbox One, dan Xbox Series X|S.

Game ini merupakan seri penyegaran dari game orisinil Flight Simulator yang diluncurkan Microsoft pada 14 tahun lalu. Dibandingkan dengan pendahulunya, Microsoft Flight Simulator terbilang lebih unggul karena mampu menyuguhkan kualitas grafik yang tinggi.

Baca juga: Kapal yang Blokade Terusan Suez Bisa Dipindah ke Selat Sunda, Begini Caranya

Hal ini disebabkan karena Microsoft Flight Simulator telah memanfaatkan data peta dari layanan cloud computing Azure dan citra global Bing Maps untuk menggambarkan aneka obyek dengan realistis, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Geek Wire, Senin (29/3/2021).



Sumber Geek Wire
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X