Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Realme Ketahuan Pakai iPhone saat Demo Ponsel Narzo 30A

Kompas.com - 29/03/2021, 20:07 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber DNA India

KOMPAS.com - Setelah dituduh mencurangi skor benchmark ponsel flagship Realme GT di situs AnTuTu, Realme belakangan dituding menggunakan iPhone ketika mendemonstrasikan performa gaming di ponsel Realme Narzo 30A.

Demonstrasi tersebut merupakan bagian dari acara live gaming yang diselenggarakan Realme di Bangladesh, baru-baru ini. Saat acara live gaming berlangsung, para peserta diduga justru menggunakan iPhone untuk bermain game, bukan Realme Narzo 30A.

Baca juga: Diduga Curangi Benchmark, Ponsel Realme Didepak dari AnTuTu

Hal ini terlihat dari foto tiga orang peserta yang sedang mengikuti acara live gaming Narzo 30A. Saat acara berlangsung, tampilan layar ponsel peserta juga beberapa kali disiarkan melalui layar lebar.

Lalu tiba-tiba muncul sebuah notifikasi di layar ponsel pemain, bertuliskan "Guided Access Started, Triple Click the Side Botton to Exit" atau "Akses terpandu dimulai, klik tiga kali pada tombol di samping untuk keluar".

Fitur ini diketahui hanya tersedia di perangkat Apple. Menurut laman support Apple, Guided Access membatasi perangkat hanya di satu aplikasi dan memungkinkan pengguna memilih fitur apa saja yang bisa digunakan.

Realme diduga mengguna iPhone untuk menunjukkan performa gaming ponsel miliknya, Narzo 30A.DNA India Realme diduga mengguna iPhone untuk menunjukkan performa gaming ponsel miliknya, Narzo 30A.

Acara live gaming Realme Narzo 30A diadakan dengan maksud menunjukkan ke calon pembeli bahwa prosesor smartphone entry level ini juga memiliki performa yang mirip dengan ponsel di kelaslebih tinggi.

Memang ketika diluncurkan, Realme Narzo 30A diklaim hadir sebagai ponsel kelas entry level yang memberikan performa gaming lebih baik dengan bermodal chip MediaTek Helio G85 (12nm).

Atas kejadian ini, Realme mengakui bahwa memang ada "ponsel non-Realme" muncul dalam video yang diputar di panggung acara, tapi itu terjadi karena kesalahan.

Sebabnya, menurut Realme, adalah karena video di panggung sebenarnya adalah rekaman yang dibuat sebelum acara oleh tim e-sports A1. Lalu, notifikasi yang muncul, masih menurut Realme, berasal dari ponsel produser video rekaman tadi.

Baca juga: Realme Narzo 30A Resmi di Indonesia, Ponsel Gaming Harga Rp 1,9 Juta

"Meskipun tim A1 benar-benar memakai Narzo 30A saat merekam bagian soal gaming, file yang salah dikirim ke produser," ujar Realme dalam pernyataannya, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TechRadar, Senin (29/3/2021).

Relame mengatakan sesi demonstrasi kemampuan gaming itu menggunakan video yang direkam sebelumnya untuk mememenuhi ketentuan setempat soal pengendalian pandemi. Dengan kata lain, demo di panggung tidak dilakukan secara live.

Di Indoesia sendiri, Realme Narzo 30A sudah diluncurkan pada awal Maret 2021 lalu. Ponsel dijual dengan harga Rp 1,9 juta. Spesifikasi Realme Narzo 30A di Indonesia selengkapnya bisa dibaca melalui tautan berikut.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber DNA India


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com