Sony Tutup PlayStation Store di PS3, PSP, dan PS Vita Mulai 2 Juli

Kompas.com - 30/03/2021, 09:05 WIB
Ilustrasi website PlayStation Store. KOMPAS.com/Bill ClintenIlustrasi website PlayStation Store.

KOMPAS.com - Sony akhirnya resmi mengumumkan bahwa toko game online PlayStation Store di konsol PlayStation Portable (PSP), PlayStation Vita (PS Vita), dan PlayStation 3 (PS3) bakal ditutup, mulai 2 Juli 2021.

Hal tersebut diumumkan Sony melalui laman support Sony PlayStation.

"Kami menutup layanan PlayStation Store di PS3 pada 2 Juli 2021 dan PS Vita pada 27 Agustus 2021. Kami juga akan melakukan hal yang sama untuk PSP pada 2 Juli 2021," kata Sony dalam laman support resminya.

Baca juga: Sony Setop Layanan Rental Film di PlayStation Store

Dengan penutupan PS Store ini, pengguna ketiga konsol game tersebut otomatis sudah tidak bisa membeli game PSP, PS Vita, atau PS3 secara online, begitu juga konten ekstranya (DLC) apabila sudah melewati tanggal yang telah ditentukan.

Pengguna juga tidak bisa mengklaim kode PSN di ketiga konsol game tersebut, atau menggunakan saldo PSN untuk membeli beragam konten di PSP, PS Vita, atau PS3. Adapun saldo PSN masih bisa digunakan untuk membeli konten atau game di PS4 atau PS5.

Masih bisa unduh dan main game

Meski demikian, pengguna yang sebelumnya telah membeli game atau DLC di PSP, PS VIta, atau PS3 melalui layanan PlayStation Store masih bisa mengakses dan mengunduh game tersebut di kemudian hari.

Mereka juga masih bisa mengakses konten yang sebelumnya dibeli, memainkan game, serta mengklaim game gratis dan layanan PlayStation Plus menggunakan kode redeem di ketiga konsol game tersebut.

Selain itu, game PSP, PS Vita, serta PS3 juga sejatinya masih bisa dibeli apabila game tersebut memiliki dukungan cross-buy, suatu fitur yang memungkinkan sebuah game bisa dibeli di luar platform intinya. 

Baca juga: Ini Dia 4 Game Gratis di PS Plus untuk Maret 2021

Terkait penutupan layanan PlayStation Store di PSP, PS Vita, dan PS3 ini, Sony juga membuat sebuah laman yang merangkum pertanyaan yang kemungkinan bakal sering ditanyakan (FAQ).

Daftar pertanyaannya, begitu juga bagaimana nasib pengguna PSP, PS Vita, dan PS3 bisa disimak di tautan berikut.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X