Kondisi Pasar Komputer dan 5 Besar Vendor PC di Indonesia

Kompas.com - 31/03/2021, 11:11 WIB
Ilustrasi laptop (Dok. SHUTTERSTOCK) Ilustrasi laptop

KOMPAS.com - Firma riset IDC merilis laporan terbaru untuk pangsa pasar komputer di Indonesia kuartal IV-2020.

Secara keseluruhan, pasar komputer pribadi tradisional, seperti desktop, laptop, dan workstation turun 28,3 persen secara year over year (YoY) pada tahun 2020. Total ada 3,04 juta unit yang dikirimkan ke Indonesia.

Menurut IDC, kendala pasokan barang menjadi salah satu faktor menurunnya pangsa pasar komputer di Indonesia, baik untuk segmen konsumen maupun komersial.

Di sisi lain, permintaan pasar akan komputer masih tinggi lantaran banyak keluarga yang mendadak memutuhkan perangkat untuk bekerja dan sekolah dari rumah karena pandemi Covid-19.

Selain itu, permintaan PC di seluruh dunia meningkat secara signifikan. Alokasi pasokan menjadi tantangan utama bagi vendor PC di Indonesia.

"Banyak PC vendor memutuskan untuk memprioritaskan pasokan PC mereka untuk pasar dengan Average Selling Price (ASP) yang tinggi, berfokus pada pasar yang mature dan produk high-end untuk memaksimalkan profit," kata Stallone Hangewa, Market Analyst, IDC Indonesia dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Rabu (31/3/2021).

Stallone menambahkan, keputusan para vendor tersebut berdampak signifikan pada pengiriman PC di Indonesia yang biasanya merupakan pasar yang didominasi produk low-end dengan ASP yang rendah.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Dengan demikian, PC vendor tidak bisa mendapatkan semua pasokan yang mereka butuhkan dan hal ini berkontribusi terhadap penurunan yang signifikan pada pengiriman PC di tahun 2020," imbuhnya.

Baca juga: Laptop dan PC Kekurangan Stok, Diprediksi Baru Pulih pada 2022

Selama pandemi, banyak perusahaan mengalihkan pembelian perangkat komputer ke laptop untuk mengakomodasi karyawan mereka yang bekerja dari rumah serta untuk menjaga keberlangsungan bisnis perusahaan selama periode pembatasan sosial.

Hal tersebut turut memberikan dampak buruk terhadap permintaan perangkat PC desktop di segmen komersial.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X