Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

YouTube Akan Sembunyikan Jumlah Dislike?

Kompas.com - 31/03/2021, 13:12 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - YouTube mengumumkan sedang menguji coba untuk menyembunyikan jumlah dislike (tidak suka/jempol ke bawah) yang diterima konten kreator di video yang diunggah ke YouTube.

Pengumuman itu disampaikan YouTube melalui Twitter lewat handle @YouTube. Tombol dislike tidak sepenuhnya hilang, hanya jumlahnya tidak akan bisa dilihat oleh penonton secara publik.

Itu artinya, penonton masih bisa memberikan reaksi dislike apabila kurang cocok dengan video yang ditontonnya.

Baca juga: YouTube Rewind 2018 Catat Rekor Dislike Terbanyak

Namun, pemilik kanal masih bisa melihat berapa jumlah dislike yang diterima videonya di halaman YouTube Studio. Sementara, jumlah "likes" masih tetap bisa dilihat oleh penonton.

"Merespons masukan dari kreator terkait kampanye kesejahteraan dan sasaran dislike, kami menguji coba beberapa desain baru yang tidak menampilkan jumlah dislike untuk publik," jelas YouTube.

Uji coba ini baru menyasar beberapa pengguna YouTube. Penonton yang termasuk sasaran uji coba akan mendapati desain ikon di YouTube akan sedikit berubah seperti gambar di bawah ini.

Desain tombol reaksi yang mencakup tombol dislike, di mana jumlahnya akan disembunyikan dari publik.YouTube Desain tombol reaksi yang mencakup tombol dislike, di mana jumlahnya akan disembunyikan dari publik.

Dalam laman dukungan Google, bagi pengguna yang termasuk dalam uji coba ini, tidak ada cara lain untuk keluar dari eksperimen. Sehingga ketika melihat desain baru, meraka tidak bisa kembali ke desain lama dengan sendirinya.

YouTube belum memastikan kapan perubahan ini akan diresmikan dan bergulir ke lebih banyak pengguna. Bagi beberapa kreator, melihat jumlah dislike yang signifikan mungkin akan membuat mereka termotivasi atau justru berkecil hati.

Baca juga: 10 Video yang Paling Banyak Dapat Dislike di YouTube

Akan tetapi, bukan hanya konten kreator individu saja yang kerap dibanjiri dislike. Bahkan, video YouTube Rewind 2018 disebut-sebut menjadi video paling banyak mendapatkan dislike sepanjang sejarah.

Hingga berita ini ditulis, YouTube Rewind 2018 mendapatkan dislike sebanyak 19 juta, jauh di atas pendapatan like sebesar 2,9 juta. Ide menyembunyikan tombol dislike bukan baru pertama kali dicetuskan YouTube.

Beberapa tahun belakang, Instagram lebih dulu mengungkapkan rencana yang hampir mirip, yakni dengan menyembunyikan tombol like di unggahan pengguna.

Salah satu alasannya, adu jumlah like membuat kompetisi kreativitas di platform Instagram menjadi tidak sehat. Namun hingga kini, ide tersebut belum resmi dan direalisasikan ke lebih banyak pengguna Instagram.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com