Kompas.com - 31/03/2021, 19:17 WIB
ilustrasi Google Maps gsmarena.comilustrasi Google Maps
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Google berambisi untuk meluncurkan sederet fitur canggih berbasis teknologi kecerdasan buatan (AI) di aplikasi navigasi Maps versi Android dan iOS.

Dane Glasgow, Vice President of Product, Google Maps bahkan mengumbar bakal ada ratusan peningkatan dan pembaruan yang akan hadir di Maps di tahun 2021.

"Tahun ini, kami berencana untuk menghadirkan lebih dari 100 peningkatan yang mengandalkan AI di Google Maps, sehingga pengguna bisa bernavigasi dengan mudah," kata Dane kepada KompasTekno di sebuah acara virtual, Selasa (30/3/2021).

Baca juga: Google Maps Bakal Tampilkan Informasi Cuaca dan Kualitas Udara

Salah satu fitur yang dimaksud Dane, dan bisa dibilang yang paling besar, adalah fitur Live View yang memungkinkan pengguna melakukan navigasi secara 3D memakai kamera ponselnya masing-masing.

Fitur yang sempat diperkenalkan pada 2019 ini mengandalkan teknologi pencitraan gabungan, alias augmented reality (AR) yang dinamai Global Localization.

Dengan teknologi tersebut, beragam citra yang telah tersimpan di database Street View akan dipindai dan dikombinasikan dengan gambar yang ditangkap oleh kamera, sehingga Maps bisa memahami lokasi dan posisi pengguna. 

Ilustrasi fitur Live View di Google Maps.Google Ilustrasi fitur Live View di Google Maps.

Live View sendiri diklaim berguna untuk mereka yang memiliki kesulitan bernavigasi di sejumlah tempat umum yang luasnya cukup besar, seperti bandara, terminal, hingga pusat perbelanjaan.

Ketika di bandara dan bingung mencari gerbang (gate) penerbangan, misalnya, pengguna bisa menggunakan Live View agar mereka bisa diarahkan menggunakan tanda panah ke gate tujuan dan tidak tersasar.

"Fitur Live View juga bisa digunakan untuk mencari eskalator, peron tujuan di stasiun kereta, restoran, ATM, dan masih banyak lagi," ujar Product Director Google Maps, Rusell Dicker di kesempatan yang sama.

Baca juga: Cara untuk Menambahkan Lokasi Baru di Google Maps

Meski demikian, fitur yang terbilang cukup canggih tersebut untuk saat ini hanya tersedia di sejumlah pusat perbelanjaan di beberapa kota di Amerika Serikat saja.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.