Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Game PUBG Lite Tinggal Menghitung Hari

Kompas.com - 01/04/2021, 09:15 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Pada Juni 2019 lalu, Krafton merilis versi "ringan" dari game battle royale populer Player Unknown's Battleground (PUBG), yaitu PUBG Lite di sejumlah negara, termasuk Indonesia.

Belum genap dua tahun, game yang dirancang untuk PC dengan spesifikasi rendah tersebut dipastikan bakal tidak bisa dimainkan lagi pada bulan Mei mendatang.

"Kami sangat berterima kasih atas semangat dan dukungan dari para penggemar PUBG Lite yang telah berjalan bersama kami. Kami berharap game ini dapat menghibur pengguna selama pandemi Covid-19," kata Krafton dalam sebuah pengumuman.

"Sayangnya, setelah banyak pertimbangan, kami harus membuat keputusan yang sulit untuk menutup layanan PUBG Lite dan mengakhiri perjalanan kami di sini. PUBG Lite dijadwalkan akan ditutup pada 29 April 2021," imbuh Krafton.

Krafton tak mengumbar apa sebenarnya latar belakang dibalik keputusan tersebut. Yang jelas, penutupan ini bakal dilakukan secara bertahap.

Pada 30 Maret 2021, situs lite.pubg.com tidak bisa lagi diakses dan dipakai untuk mengunduh aplikasi PUBG Lite.

Artinya, pemain yang telah memasang PUBG Lite masih bisa memainkan game tersebut, begitu juga menghabiskan mata uang di dalam game yang masih tersisa (L-Coin) dengan normal.

Kemudian pada 29 April 2021 pukul 05.00 waktu UTC, layanan PUBG Lite akan ditutup dan pemain tak lagi bisa memainkan game tersebut, namun Krafton masih akan membuka layanan pelanggan (Player Support) yang bisa diakses di situs berikut.

Barulah pada 29 Mei 2021 layanan Player Support tidak akan didukung lagi dan PUBG Lite akan pergi untuk selama-lamanya.

Baca juga: Semua Tentang PUBG New: State, dari Fitur, Gameplay, hingga Link dan Bonus Pendaftaran

Versi gratis dari PUBG

Sebagai informasi, PUBG Lite merupakan versi ringan dari game PUBG "reguler" yang dirilis pertama kali dalam versi beta pada Juni 2019 lalu.

Alih-alih berbayar, game tersebut bisa dimainkan secara cuma-cuma oleh para pengguna. Namun, ketersediaannya hanya sebatas di beberapa negara di Asia dan di Eropa saja.

Pada saat meluncur, PUBG Lite sendiri memiliki mata uang di dalam game yang bernama "L-Coin", sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TheVerge, Kamis (1/4/2021).

Namun, sang pengembang memutuskan untuk menghilangkan pembelian (top-up) in-game currency ini pada November 2020 lalu, sehingga PUBG Lite benar-benar game yang "sepenuhnya gratis" tanpa ada konten yang bisa dibeli di dalamnya.

Dengan penutupan ini, pemain PUBG Lite otomatis harus beralih ke game PUBG versi reguler yang kini tersedia di PC, PS4, Xbox One, dan Stadia. Namun, untuk memainkan game tersebut, pemain harus merogoh kocek sekitar Rp 200.000-an.

Baca juga: 5 Game Battle Royale Selain PUBG Mobile dan Fortnite

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com