LG Umumkan Nasib Bisnis Smartphone 5 April?

Kompas.com - 03/04/2021, 18:57 WIB
Kantor LG di Korea Selatan yang memambang nama model smartphone besutannya LG G6. Korea TimesKantor LG di Korea Selatan yang memambang nama model smartphone besutannya LG G6.
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Belakangan beredar rumor bahwa LG Electronics bakal mundur dari bisnis smartphone usai merugi selama beberapa tahun.

Kini, situs berita asal Korea Selatan, KoreaTimes mengatakan bahwa LG akan mengumumkan nasib lini bisnis smartphone pada 5 April mendatang. Kabar tersebut diperoleh dari sumber terdekat dengan industri.

"LG sudah mempertimbangkan berbagai opsi soal penutupan bisnis smartphone mereka, seperti menjualnya atau menutup bisnis tersebut secara keseluruhan," ujar sumber industri yang identitasnya enggan disebutkan.

"Tetapi, mereka memutuskan mundur dari bisnis smartphone, alih-alih menjualnya," imbuh sumber tersebut.

Baca juga: LG Dilaporkan Akan Tutup Bisnis Smartphone

Pihak LG sendiri belum mau mengomentari rumor terkait pengumuman 5 April ini. Namun, mereka mengatakan bahwa banyak kemungkinan yang akan terjadi terkait nasib bisnis smartphone yang dirintis sejak 2010 itu.

"Tidak ada yang perlu dikomentari. Kami hanya bisa bilang bahwa seluruh kemungkinan bisa terjadi," kata seorang perwakilan LG, sebagaimana dikutip KompasTekno dari KoreaTimes, Sabtu (3/4/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Meski kami saat ini belum bisa mengonfirmasi, kami pasti bakal mengumumkan arah bisnis smartphone kami di masa depan secara publik," tambah pihak LG.

Merugi sejak 2015

Sebagai informasi, kabar mundurnya LG dari industri smartphone sebenarnya sudah santer beredar beberapa waktu lalu.

Sejak 2015, bisnis smartphone LG dilaporkan terus merugi dan memaksa perusahaan tersebut bernegosiasi dengan sejumlah perusahaan besar. Nama perusahaan konglomerasi asal Vietnam, Vingroup pun disebut akan menjadi pembeli divisi smartphone LG.

Namun, hal itu agaknya tidak terwujud lantaran ada beberapa opsi yang disinyalir tidak disepakati oleh kedua pihak.

Baca juga: LG Disebut Akan Jual Bisnis Smartphone ke Perusahaan Vietnam

Pada Januari lalu, CEO LG Electroncis, Kwon Bong-seok juga menyampaikan bahwa pihaknya memang tengah mempertimbangkan beberapa hal terkait bisnis smartphone mereka.

Sayangnya, Bong-seok hanya mengatakan bahwa seluruh kemungkinan bisa terjadi, sama seperti pernyataan terbaru LG tadi.

Hingga saat ini, bisnis smartphone LG sendiri belum dihentikan atau dijual ke pihak lain. Namun, para karyawan LG yang tadinya bekerja di divisi smartphone konon sudah dipindahkan ke unit bisnis LG lain.

Artinya, bukan tidak mungkin LG bakal mengumumkan sesuatu yang berkaitan dengan bisnis smartphone dalam waktu dekat. Kita nantikan saja.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X