Layanan Transfer Uang WhatsApp Pay Dapat Lampu Hijau di Brasil

Kompas.com - 05/04/2021, 06:35 WIB
ilustrasi WhatsApp user slashgear.comilustrasi WhatsApp user
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Setelah sempat ditunda, layanan pembayaran digital, WhatsApp Pay pekan lalu dikabarkan sudah mendapat persetujuan dari bank sentral di Brazil untuk menjalankan aktivitas transfer uang di dalam aplikasi

Dengan demikian, layanan pembayaran digital anyar dari WhatsApp itu pun bisa segera beroperasi dan berkompetisi langsung dengan aneka bank dan pelaku fintech lainnya di ranah transfer dana.

Baca juga: Layanan Dompet Digital WhatsApp Pay Mulai Beroperasi

"Kami (WhatsApp) sedang melakukan persiapan akhir agar pembayaran di WhatsApp mulai tersedia di Brasil secepat mungkin," kata juru bicara WhatsApp dalam sebuah pernyataan.

Pemanfaatan WhatsApp Payments saat ini baru terbatas pada transfer uang antar-pengguna, alias peer-to-peer. Pengguna belum bisa melakukan transaksi ke merchant pihak ketiga.

Untuk bisa memanfaatkan layanan WhatsApp Pay, pengguna harus mendaftarkan kartu kredit dari bank rekanan WhatsApp, yakni Visa dan Mastercard yang berperan menangani proses transfer, sebagainana dihimpun KompasTekno dari Reuters, Senin (5/4/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelumnya, WhatsApp Pay sendiri telah resmi meluncur di Brasil pada Juni 2020 lalu, tapi diblokir tak lama setelahnya karena belum memperoleh lisensi yang diperlukan dari bank sentral.

Baca juga: Sepekan Beroperasi, WhatsApp Payment Diblokir di Brasil

Sempat ingin mendompleng lisensi Mastercard dan Visa, WhatsApp akhirnya menuruti ketentuan dan mengurus izin sebagai payment initiator, sementara kedua rekanannya itu bertindak sebagai processor.

Mastercard dan Visa juga harus memperoleh lisensi baru dari bank sentral untuk bisa bekerja sama dengan WhatsApp.

WhatsApp diketahui memiliki lebih dari 120 juta pengguna di Brazil. Meski sudah mendapat lampu hijau dari regulator, WhatsApp belum mengumumkan kapan layanan transfer dananya bakal benar-benar bisa digunakan.

Baca juga: Masuk Indonesia, Dompet Digital WhatsApp Gandeng Pemain Lokal?

WhatsApp Payment juga sempat disebut akan hadir di Indonesia dengan menggandeng sejumlah mitra lokal. Namun, hingga kini masih belum ada kelanjutan kabarnya.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.