Chip Ponsel Google Pixel 6, Bukan Snapdragon atau MediaTek

Kompas.com - 05/04/2021, 18:18 WIB
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Lini smartphone Pixel besutan Google biasanya menggunakan system-on-chip Snapdragon dari Qualcomm. Namun, model berikutnya, Pixel 6, kemungkinan bakal berbeda dengan mengusung chip buatan Google untuk pertama kalinya.

Salah satu kabar terbaru yang beredar menyebutkan bahwa, alih-alih Snapdragon calon ponsel anyar itu bakal ditenagai chip bernama "Whitechapel" yang dirancang oleh Google lewat kemitraan dengan Samsung.

Di samping produk-produk gadget, Samsung dikenal sebagai pabrikan aneka komponen, termasuk SoC dengan brand Exynos dan turut menangani pesanan produksi dari vendor lain seperti Apple.

Baca juga: Mobil yang Ditumpangi Masuk Jurang, Pria Ini Selamat Berkat Ponsel Google Pixel

Google sendiri sempat memberikan kisi-kisi soal kehadiran komponen perangkat keras buatannya sendiri pada tahun ini.  "Akan ada sejumlah investasi berkelanjutan di bidang hardware pada tahun 2021," kata CEO Google Sundar Pichai pada 2020.

Selain untuk ponsel Pixel, strategi mengembangkan komponen buatan sendiri kabarnya akan diterapkan juga pada produk Google lainnya seperti Chromebook.

Dengan menggunakan chip buatan sendiri, Google diperkirakan bisa mengintegrasikan perangkat keras dan lunak dengan lebih efektif, sehingga berujung pada lebih banyak inovasi.

Baca juga: Google Pixel 5 dan Pixel 4a 5G Resmi Meluncur, Harganya?

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari 9To5Google, Senin (5/4/2021), Google kabarnya menyebut chip buatannya sendiri sebagai "GS101". "GS" adalah singkatan dari "Google Silicon".

Karena dikembangkan bersama divisi Samsung Semiconductor System Large Scale Integration (SLSI). Whitechapel kemungkinan akan memiliki beberapa kesamaan dengan chip Exynos buatan Samsung.

Membuat chip sendiri untuk ponsel sebenarnya bukan hal baru, beberapa vendor ponsel sudah lama melakukan hal ini. Selain Samsung,  ada Apple dengan chip A Series, dan Huawei dengan chip Kirin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber 9to5Google


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.