Cara Mengecek Kondisi Baterai Laptop di Windows 10

Kompas.com - 05/04/2021, 20:02 WIB
ilustrasi Windows user digitaltrends.comilustrasi Windows user

KOMPAS.com - Sebagai perangkat portable, laptop mengandalkan baterai sebagai media penyimpanan listrik untuk sumber daya. Kapasitas baterai laptop pun berbeda-beda sesuai dengan jenisnya.

Layaknyaperangkat elektronik lain, laptop juga seringkali berkutat dengan masalah baterai. Baterai sejatinya memiliki masa pakai yang seiring berjalannya waktu dapat mempengaruhi kinerja dari baterai itu sendiri.

Tentu, hal ini tergantung pada siklus pemakaian perangkat. Semakin tinggi intensitas pemakaian, maka semakin cepat baterai Anda mencapai batas yang ditentukan.

Oleh sebab itu, penting bagi Anda pengguna Windows 10 untuk mengetahui cara mengecek kondisi kesehatan baterai agar bisa melakukan langkah preventif apabila ada indikasi kerusakan.

Baca juga: Cara Mengubah Tampilan Lock Screen di Laptop Windows 10

Lantas, bagaimana cara melihat kesehatan baterai perangkat laptop berbasis Windows? Berikut langkah-langkahnya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Senin (5/4/2021).

1. Pertama, pilih program "Command Prompt" dengan cara membuka menu Start lalu ketik "CMD" di kolom Search.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Setelah muncul, klik Open untuk untuk menjalankan program "Command Prompt" dalam mode administrator.

Cara mengecek kesehatan baterai laptop Windows 10KOMPAS.com/ConneyStephanie Cara mengecek kesehatan baterai laptop Windows 10
3. Kemudian akan muncul jendela program dengan latar belakang hitam seperti di bawah ini.

4. Ketik "powercfg/batteryreport" sebagai perintah lanjutan lalu tekan Enter.

5. Perintah itu akan menampilkan link (HTML) seperti ini "C:\WINDOWS\system32\battery-report.html"

Halaman:


Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X