Kaset Game Super Mario Bros Ini Terjual Seharga Lebih dari Rp 9 Miliar

Kompas.com - 06/04/2021, 06:36 WIB
Super Mario Bros 1986 yang dijual dengan harga Rp 9,6 miliar Heritage AuctionsSuper Mario Bros 1986 yang dijual dengan harga Rp 9,6 miliar

KOMPAS.com - Sebuah game Super Mario Bros kembali memecahkan rekor sebagai game dengan harga termahal di dunia. Berbeda dari rekor sebelumnya, pencapaian kali ini dipegang oleh seri game Super Mario Bros yang dirilis pada tahun 1986.

Melalui sebuah acara lelang yang diselenggarakan oleh Heritage Auction, satu buah cartridge atau kaset game Super Mario Bros berhasil dijual dengan harga 660.000 dollar AS atau sekitar Rp 9,5 miliar.

Menurut pihak balai lelang yang berlokasi di Dallas, Amerika Serikat itu, terdapat beberapa faktor yang memengaruhi nilai jual dari kaset Super Mario Bros ini.

Baca juga: Ini Alasan Tokoh Game Mario Bros Berprofesi sebagai Tukang Ledeng

Pertama, kaset game tersebut dilapisi oleh stiker original dan masih masih tersegel dalam keadaan rapat. Cartrige ini juga mendapatkan skor 9,6 dan kondisi segel A+ dari Wata Games, sebuah perusahaan pengukur kondisi kaset game.

Dengan demikian, kaset game ini dinilai masih memiliki kondisi fisik yang sempurna, sebab belum pernah dibuka atau dimainkan

Kedua, kaset game yang dilelang itu termasuk sebagai game seri Super Mario Bros tertua. Setelah diselidiki, kaset game ini diketahui merupakan salinan kopi limited edition untuk konsol Nindendo Entertaintment System (NES) yang dirilis pada akhir tahun 1986.

Informasi tersebut didukung dari pernyataan yang disampaikan langsung oleh sang penjual yang tidak ingin diketahui identitasnya.

Menurut pengakuan yang disampaikan oleh penjual, kaset game Super Mario Bros ini pertama kali ia beli pada pertengahan tahun 1980-an sebagai hadiah Natal.

Kaset game tersebut kemudian disimpan di dalam sebuah laci dan dilupakan begitu saja, tak pernah dibuka atau dimainkan, hingga akhirnya ditemukan kembali pada awal 2021.

Baca juga: Super Mario 3 Pecahkan Rekor Game Termahal di Dunia

"(Game) itu tetap tersimpan di bawah meja kantor saya sejak pertama kali dibeli. Bahkan saya hampir lupa kalau kaset itu pernah ada," ungkap sang penjual itu.

Dihimpun KompasTekno dari Forbes, Selasa (6/4/2021), sebelumnya rekor game retro termahal dipegang oleh seri game Super Mario Bros 3.

Salah satu koleksi game retro ini berhasil dilelang dengan harga mencapai 156.000 dollar AS (sekitar Rp 2,2 miliar) pada November 2020 lalu.



Sumber Forbes
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X