Ratusan GPU Nvidia Selundupan Diamankan dari Kapal Nelayan

Kompas.com - 06/04/2021, 16:04 WIB
300 kartu grafis Nvidia berjenis CMP 30HX yang berhasil diamankan oleh Departemen Bea Cukai Hong Kong TVB News Channel300 kartu grafis Nvidia berjenis CMP 30HX yang berhasil diamankan oleh Departemen Bea Cukai Hong Kong

KOMPAS.com - Harga kartu grafis (GPU) yang belakangan makin mahal, berikut tingginya angka permintaan karena demam penambangan mata uang kripto, rupanya membuat komponen komputer itu jadi diincar oleh pelaku kejahatan.

Setelah sempat terjadi pencurian GPU di pabrik MSI di Taiwan, kali ini giliran 300 unit kartu grafis coba diselundupkan oleh sindikat di Hong Kong. Untungnya upaya jahat itu digagalkan oleh Bea Cukai dan otoritas keamanan setempat.

Baca juga: Kartu Grafis GeForce RTX 3090 Senilai Rp 4,7 Miliar Digasak Maling

Awalnya, petugas keamanan memergoki sebuah kapal nelayan mencurigakan yang berlabuh di dekat Bandara Internasional Hong Kong pada pukul 2 dini hari.

Sejumlah orang yang sedang memindahkan barang dari kapal nelayan ke speedboat pun langsung kabur dengan perahu mereka dan menghilang di kegelapan.

Kapal nelayan bershasil diamankan. Di dalamnya ditemukan aneka barang selundupan, mulai dari makanan eksotis seperti teripang dan sirip ikan hiu, ponsel, hingga ratusan unit kartu grafis tadi yang ternyata merupakan model khusus mining dengan chip Nvidia CMP 30HX.

Kartu grafis berbasis GPU tersebut masih sangat anyar dan baru dibuat oleh segelintir pabrikan, sebagaimana dihimpun oleh KompasTekno dari Tom's Hardware, Selasa (6/4/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Nvidia Menyerah, Luncurkan Lini GPU Khusus untuk Penambang Kripto

Ke-300 GPU selundupan yang nilainya diperkirakan mencapai 2 juta dollar Hong Kong atau sekitar Rp 3,7 miliar itu agaknya ditujukan untuk mining farm di China.  Penambangan kripto memang marak di China kendati dilarang di sejumlah tempat, seperti Mongolia.

CMP 30HX merupakan salah satu model dari lini GPU khusus mining bernama Cryptocurrency Mining Processor (CMP) yang diperkenalkan oleh Nvidia sebagai bagian dari upayanya mengatasi kelangkaan GPU karena diborong oleh penambang kripto.

Berbeda dengan kartu grafis lain pada umumnya, kartu grafis dengan GPU CMP tidak memiliki keluaran display untuk menyambungkannya ke monitor sehingga hanya bisa digunakan untuk mining.

Baca juga: Permintaan PC Gaming dan Monitor Diprediksi Terus Naik hingga 2024


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber WCCF Tech
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.