Google Luncurkan Fitur Chat untuk Pengguna Gmail Gratisan

Kompas.com - 06/04/2021, 17:07 WIB
Ilustrasi Gmail ShutterstockIlustrasi Gmail

KOMPAS.com - Tahun lalu, Google mulai mengintegrasikan sejumlah fitur di aplikasi Gmail, yakni Meet, Chat, dan Rooms. Awalnya tiga fitur ini hanya bisa dinikmati oleh pelanggan berbayar Google G Suite.

Namun, Google kini menghadirkan tiga fitur tersebut untuk pengguna Gmail reguler alias gratisan. Setelah didahului dengan fitur Meet, kini pengguna akun Google dapat menikmati fitur Chat dan Rooms di aplikasi Gmail.

Tiga fitur yang diintegrasikan ke dalam aplikasi Gmail ini sedianya diharapkan akan mempermudah pengguna untuk berhubungan dan berkolaborasi terkait suatu tugas dengan para koleganya.

Sesuai namanya tab Meet, memungkinkan pengguna untuk mengakses platform video konferensi Google Meet langsung melalui aplikasi Gmail. Fitur ini sudah lebih dahulu hadir di aplikasi Gmail untuk pengguna reguler.

Baca juga: Gmail Go Kini Bisa Dipakai di Semua Android

Sedangkan dua tab baru, Chat dan Rooms memungkinkan pengguna Gmail untuk mengobrol dengan kolegnya secara langsung, membagikan file, memberikan penugasan, membuat reminder di Google Calendar, secara langsung dalam ruang obrolan grup di aplikasi Gmail.

Tab "Chat" dan "Rooms" ini sudah tersedia di aplikasi Gmail Android versi 2021.03.07.364486182.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk diketahui, dua tab ini masih dalam tahap awal atau early access dan perlu diaktifkan secara manual. Karena masih tahap awal, pengguna kemungkinan akan menemui bug atau masalah lainnya bila menggunakan fitur ini.

Namun, pengguna yang penasaran dan ingin segera mencobanya, bisa mengaktifkan fitur ini dengan beberapa langkah sederhana. Berikut cara lengkap mengaktifkan tab Chat dan Rooms pada aplikasi Gmail di Android.

Mengaktifkan fitur Chat dan Rooms di Gmail

Untuk mengaktifkan dua fitur ini, pertama pastikan bahwa aplikasi Gmail di Android sudah dalam versi terbaru. Jika belum, pengguna bisa melakukan update melalui Google Play Store.

Jika sudah, buka aplikasi Gmail lalu klik tiga baris horizontal yang ada di pojok kiri atas. Pilih "setting" > klik akun gmail yang diinginkan > centang opsi "Chat" (Early Access) > klik "try it".

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X