Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Luncurkan Fitur Chat untuk Pengguna Gmail Gratisan

Kompas.com - 06/04/2021, 17:07 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tahun lalu, Google mulai mengintegrasikan sejumlah fitur di aplikasi Gmail, yakni Meet, Chat, dan Rooms. Awalnya tiga fitur ini hanya bisa dinikmati oleh pelanggan berbayar Google G Suite.

Namun, Google kini menghadirkan tiga fitur tersebut untuk pengguna Gmail reguler alias gratisan. Setelah didahului dengan fitur Meet, kini pengguna akun Google dapat menikmati fitur Chat dan Rooms di aplikasi Gmail.

Tiga fitur yang diintegrasikan ke dalam aplikasi Gmail ini sedianya diharapkan akan mempermudah pengguna untuk berhubungan dan berkolaborasi terkait suatu tugas dengan para koleganya.

Sesuai namanya tab Meet, memungkinkan pengguna untuk mengakses platform video konferensi Google Meet langsung melalui aplikasi Gmail. Fitur ini sudah lebih dahulu hadir di aplikasi Gmail untuk pengguna reguler.

Baca juga: Gmail Go Kini Bisa Dipakai di Semua Android

Sedangkan dua tab baru, Chat dan Rooms memungkinkan pengguna Gmail untuk mengobrol dengan kolegnya secara langsung, membagikan file, memberikan penugasan, membuat reminder di Google Calendar, secara langsung dalam ruang obrolan grup di aplikasi Gmail.

Tab "Chat" dan "Rooms" ini sudah tersedia di aplikasi Gmail Android versi 2021.03.07.364486182.

Untuk diketahui, dua tab ini masih dalam tahap awal atau early access dan perlu diaktifkan secara manual. Karena masih tahap awal, pengguna kemungkinan akan menemui bug atau masalah lainnya bila menggunakan fitur ini.

Namun, pengguna yang penasaran dan ingin segera mencobanya, bisa mengaktifkan fitur ini dengan beberapa langkah sederhana. Berikut cara lengkap mengaktifkan tab Chat dan Rooms pada aplikasi Gmail di Android.

Mengaktifkan fitur Chat dan Rooms di Gmail

Untuk mengaktifkan dua fitur ini, pertama pastikan bahwa aplikasi Gmail di Android sudah dalam versi terbaru. Jika belum, pengguna bisa melakukan update melalui Google Play Store.

Jika sudah, buka aplikasi Gmail lalu klik tiga baris horizontal yang ada di pojok kiri atas. Pilih "setting" > klik akun gmail yang diinginkan > centang opsi "Chat" (Early Access) > klik "try it".

Setelah itu, aplikasi Gmail akan secara otomatis menampilkan tab "Chat" dan "Rooms" di bawah aplikasi, di antara tab "Mail" dan "Meet".

Langkah-langkah mengaktifkan tab Chat dan Rooms pada aplikasi Gmail di Android.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riaynto Langkah-langkah mengaktifkan tab Chat dan Rooms pada aplikasi Gmail di Android.
Setelah tab Chat dan Rooms aktif, pengguna bisa membuat ruang obrolan dengan kolega. Berikut langkah-langkahnya.

  • Buka tab "Chat"
  • Klik "new chat"
  • Pilih opsi "create a room"
  • Isi nama dan foto profil ruang obrolan, lalu klik "next"
  • Terakhir tambahkan e-mail kolega yang ingin ditambahkan ke ruang obrolan grup, klik "done"
  • Ruang obrolan grup pun siap digunakan.

Setiap chatroom yang dibuat bisa ditemukan di tab "Rooms". Chatroom di Gmail tersebut bisa digunakan untuk berbagai, mulai dari mengobrol, berbagai file (foto atau video), membuat penugasan, membuat reminder di Google Calendar, dan sebagainya.

Baca juga: Hati-hati saat Pindahkan Isi Chat WhatsApp ke Telegram, Ini Sebabnya

Selain itu, pengguna juga diberikan opsi untuk menambahkan anggota lain, melakukan pin chat, memblokir, hingga keluar dari grup chat.

Jika di kemudian hari pengguna ingin menonaktifkan tab "Chat" dan "Rooms" pada aplikasi Gmail miliknya, pengguna tinggal pergi ke setting > klik akun gmail yang diinginkan > hilangkan tanda centang pada opsi "Chat" (Early Access). 

Gmail akan secara otomatis menghilangkan dua tab tersebut, dan menyisakan tab "Mail" dan "Meet", sebagaimana dihimpun KompasTekno dari XDA Developers, Selasa (6/4/2021).

Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com